Internasional Smart Itinerary Smart Recommendation

12 Tempat Wisata Terbaik Malaysia yang Wajib Dikunjungi10 min read

14 May 2019

author:

12 Tempat Wisata Terbaik Malaysia yang Wajib Dikunjungi10 min read

Banyak orang Indonesia yang senang jalan-jalan ke Malaysia. Selain dekat, biaya liburan ke Malaysia juga cukup terjangkau. Untuk mendapatkan pengalaman liburan terbaik, datangi 12 rekomendasi tempat wisata terbaik di Malaysia berikut ini. Dijamin kamu akan menyukainya!

1. Mengunjungi Ikon Malaysia: Menara Kembar Petronas

Tempat Wisata Favorit di Malaysia
Sumber: Instagram h4ppytravel

Malaysia adalah salah satu negara bebas visa untuk paspor WNI. Jika kamu baru pertama kali liburan ke Malaysia, berkunjunglah ke Menara Kembar Petronas. Ikon Malaysia ini pernah menyanding gelar sebagai menara tertinggi di dunia pada tahun 1998-2004. Namun, gelar tersebut sudah direbut oleh Burj Khalifa di Dubai.

Daya tarik tempat wisata Malaysia terfavorit ini adalah jembatan udara yang menghubungkan dua menara yang ada di lantai 41 dan 42. kamu bisa menuju ke destinasi wisata Malaysia setinggi 170 meter ini menggunakan bus, kereta api, atau menyewa kendaraan.

Datanglah saat malam jika ingin melihat keindahan gemerlap lampu yang menghiasi bangunan setinggi 88 lantai ini. Di sekitar bangunan, ada taman hijau serta air mancur yang bisa menjadi latar foto kamu. Pemkamungan di sini sangat memukau. Tak heran jika Petronas Tower menjadi salah satu destinasi terfavorit merayakan tahun baru di Asia Tenggara.

Untuk naik ke puncak, wisatawan harus membeli tiket seharga 80 RM untuk dewasa dan 33 RM untuk anak-anak (harga bisa berubah). Dari ketinggian, kamu bisa menikmati pemkamungan Kuala Lumpur yang megah. Meski baru buka pukul 9 pagi, sudah banyak yang mengantre sejak pukul 6 pagi karena kuota tiketnya terbatas.

2. Melihat 10 Ribu Patung Buddha di Kuil Kek Lok Si

Tempat Wisata Terbaik Malaysia yang Wajib Dikunjungi
Sumber: Instagram taramilktea

Tempat wisata Malaysia terfavorit ini dikenal sebagai Kuil Kebahagiaan Agung atau Temple of Supreme Bliss. Harga tiket masuk kuil yang di dalamnya terdapat 10.000 patung Buddha dari pualam dan perunggu ini sekitar 2 RM.

Daya tarik utama Kuil Kek Lok Si adalah bangunan pagoda yang terdiri dari tujuh lantai. Kuil ini disebut-sebut sebagai kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Desainnya sangat indah, perpaduan antara budaya Cina, Burma, dan Thailand. Kuil ini juga memiliki patung perunggu Dewi Kwan Im setinggi 30,2 meter. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik taksi atau bis.

3. Melintasi Hutan Tropis dengan Langkawi Cable Car

Tempat Wisata Terbaik Malaysia yang Wajib Dikunjungi
Sumber: Instagram margarethoe

Jalan-jalan ke Malaysia tak lengkap jika belum mencoba naik kereta gantung ke puncak gunung tertinggi kedua di Langkawi. Dari ketinggian 709 meter di atas laut, kamu akan melintasi hutan tropis dan air terjun yang indah. Saat cuaca cerah, wisatawan bahkan bisa melihat Indonesia di arah barat daya dan Thailand di arah utara.

Perjalanan sepanjang 2,2 km akan ditempuh selama 20 menit. Beberapa pengunjung akan merasa perut bergejolak karena ketinggian kereta gantung ini. Namun setelah terbiasa, perjalanan akan terasa menyenangkan karena pemkamungan yang disajikan begitu memesona.

Jaraknya sekitar 30 menit dari pusat Kota Kuah dan 15 menit dari Bkamura Internasional Langkawi dengan taksi maupun kendaraan pribadi. Biaya tiket bervariasi tergantung jenis gondola yang kamu naiki, namun berkisar antara 30 RM-550 RM untuk menyewa VIP gondola.

Tips wisata ke Langkawi Cable Car adalah menggunakan baju dan alas kaki yang nyaman. Sebab, perjalanan menuju jembatan gantung cukup jauh. Jam buka Langkawi Cable Car bervariasi. Untuk hari Senin, Selasa, dan Kamis buka pukul 10; Rabu buka pukul 12; dan Jumat-Minggu buka pukul 9.30. Namun, jam operasional tersebut tergantung kondisi cuaca. Apabila ada angin kencang, biasanya layanan akan dihentikan.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Intip Syarat, Biaya, dan Cara Mudah Membuat Visa Korea Terbaru Yuk!

4. Batu Caves, Tempat Suci Umat Hindu yang Indah

Tempat Wisata Favorit di Malaysia
Sumber: Instagram dhelpinesee

Batu Caves adalah gua batu kapur yang terdiri dari tiga gua utama dan beberapa gua kecil. Ikon di Selangor ini memiliki patung Dewa Murugan setinggi 42, 7 meter berlapis emas yang sangat ikonik. Untuk masuk ke goa, kamu harus menaiki 272 anak tangga yang cukup curam namun instagramable karena dicat warna-warni.

Tempat wisata terbaik Malaysia ini sebenarnya merupakan tempat suci bagi umat Hindu. Pengunjung wajib memakai pakaian yang sopan saat memasuki Batu Caves. Apabila terlanjur memakai pakaian terbuka, kamu tetap bisa masuk dengan menyewa kain yang disewakan.

Saat naik, kamu akan menemui banyak monyet liar berkeliaran. Berhati-hatilah karena monyet liar terkadang suka mengambil bawaan kamu. Meski begitu, tempat ini sangat layak dikunjungi. Bawalah air minum yang cukup karena perjalanan naik tangga ke atas akan cukup menguras tenaga.

Setiap tahun, Batu Caves dijadikan sebagai tempat Festival Thaipusam. Perayaan ini merupakan salah satu festival Hindu yang diselenggarakan di Malaysia selain Deepavali. Di tahun 2019, Festival Thaipusam dirayakan pada tanggal 21 Januari lalu.

Tempat Wisata Terbaik Malaysia yang Wajib Dikunjungi
Sumber: Instagram nyamukingphotoworks

Di festival ini, kamu bisa melihat ritual ekstrem di mana orang-orang mengaitkan batang besi dan kait logam ke kulit mereka. Bahkan, ada yang menancapkan batang besi tipis menembus kedua pipi sebagai simbol tombak yang diberikan Dewi Parwati kepada Dewa Murugan. Memacu adrenalin, bukan?

Aksi tersebut dilakukan dalam rangka penebusan dosa terhadap Dewa Murugan. Orang yang melakukan pertunjukan tersebut biasanya dalam keadaan trance alias kerasukan roh halus. Jadi, mereka tidak merasa kesakitan.

Letak Batu Caves sekitar 13 km dari Kota Kuala Lumpur. Untuk mencapai tempat ini, bisa menggunakan kereta, bus, maupun taksi. Batu Caves buka setiap hari mulai dari jam 7 pagi hingga 9 malam.

5. Menyelami Keindahan Biota Laut di Pulau Redang

Tempat Wisata Terbaik Malaysia yang Wajib Dikunjungi
Sumber: Instagram knox_ong

Punya hobi menyelam? Datanglah ke Pulau Redang. Selain punya banyak spot bagus untuk menyelam, laut di sekitar pulau ini sangat jernih. Keindahannya dilengkapi dengan berbagai biota laut yang cantik. Meski biaya liburan di sini cukup menguras kantong, kamu bisa mendapatkan pengalaman liburan yang sangat berkesan.

Penginapan di tempat wisata terbaik Malaysia ini memang cukup mahal karena hampir semua resort di Pulau Redang memiliki fasilitas snorkeling dan diving. Jika ingin mengambil foto bawah laut yang indah, kamu bahkan bisa menyewa kamera dalam air ke tempat penginapan. Untuk menuju ke sini, bisa naik kapal laut dari Tanjung Merang (40 menit).

6. Mengenalkan Anak pada Alam di The Habitat Penang Hill

Tempat Wisata Terbaik Malaysia yang Wajib Dikunjungi
Sumber: Instagram penangfoodie

Tempat wisata terbaik Malaysia ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. kamu bisa mengenalkan alam dan hutan pada anak dengan cara yang menyenangkan. The Habitat Penang Hill adalah tempat wisata edukatif di mana pengunjung bisa melihat hutan, keindahan ragam flora, dan pemkamungan laut yang mengagumkan.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  15 Tempat Wisata Alam Tersembunyi di Lombok Terbaru untuk Liburan 2022

Naiki wahana The Canopy Walk untuk merasakan sensasi berjalan di ketinggian melintasi hutan. Wahana ini terbuat dari bahan ramah lingkungan yang tidak merusak tanaman dan flora di sekitarnya. kamu juga bisa menaiki wahana lain seperti Butterfly Bank, The Red Garden, dan Fragrance Garden.

Untuk masuk ke wisata ini, pengunjung dapat naik kereta gantung dari kaki Bukit Penang. Tiket masuk The Habitat Hill sekitar 30 RM sampai 50 RM dan buka sejak pukul 9 pagi sampai pukul 7 malam.

7. Genting Highland, Las Vegasnya Malaysia

Tempat Wisata Favorit di Malaysia
Sumber: Instagram ironim_31

kamu bisa menemukan berbagai macam wisata menarik di Genting Highland. Terdapat penginapan, restoran dengan pilihan kuliner lokal dan internasional, kasino, taman bermain, wisata alam, hingga wisata belanja. Tak perlu jauh-jauh ke Las Vegas karena tempat ini juga tak kalah glamor dan menghibur.

Lokasinya sekitar 51 km dari pusat Kota Kuala Lumpur. Untuk mencapai tempat wisata Malaysia terfavorit ini, kamu bisa menggunakan transportasi Express Bus dengan tiket sekali jalan. Apabila menyewa kendaraan, kamu bisa berhenti di Awana dan melanjutkan perjalanan ke puncak dengan kereta gantung.

Genting Highland dijuluki kota hiburan atau The City of Entertainment karena pilihan wisatanya sangat banyak. Tips liburan ke Genting Highland supaya makin seru adalah membawa uang yang cukup. Jangan sampai sudah jauh-jauh ke sini, tidak bisa menikmati dan mengunjungi semua fasilitas yang ada. Jangan lupa baca dulu aturan bea masuk oleh-oleh dari luar negeri sebelum belanja banyak di sini.

8. Penang National Park, Rumah Berbagai Flora dan Fauna

Tempat Wisata Terbaik Malaysia yang Wajib Dikunjungi
Sumber: Instagram juliatrvl

Penang National park merupakan rumah bagi berbagai macam jenis flora dan fauna khas daerah tropis. Luas tempat wisata terbaik Malaysia ini sekitar 1.213 hektar dan menjadi tempat penangkaran penyu di Pantai Kerachut dan Pantai Kampi.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Penang National Park antara lain tur wisata untuk melihat lebih dekat kawasan wisata alam yang berada di Teluk Bahang. kamu juga bisa melihat 410 jenis flora yang ada di sekitar taman nasional, melihat sekitar 143 spesies satwa, dan berkemah. Buka pukul 8 hingga jam 5 sore.

Apabila beruntung, kamu bisa melihat migrasi burung langka pada bulan September-April. Di sini juga terdapat hutan bakau dan danau alami yang begitu indah. Tempat ini merupakan salah satu wisata gratis di Malaysia, asalkan sudah daftar kepada pengelola. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik bis Rapid Penang nomor U101 atau U501 atau menyewa kendaraan melewati Teluk Bahang.

9. Gunung Mulu National Park, Jaringan Gua Terpanjang Dunia

Tempat Wisata Favorit di Malaysia
Sumber: Instagram areyouokfai

Mulu Caves National Park adalah salah satu jaringan gua terpanjang di dunia. Di sini terdapat ruang bawah tanah terpanjang di dunia, yaitu Sarawak Chamber yang sangat luas. Wisata alam ini cukup terkenal di Malaysia. Untuk menuju Gunung Mulu National Park, kamu harus menggunakan pesawat. Setelah itu, disambung dengan menyewa kendaraan. Bisa juga menggunakan kapal ekspres dari Kuala Baram (3 jam).

Gunung Mulu National Park memiliki dua gua yang memiliki bentuk berbeda. Di Deer Cave, kamu bisa melihat sarang kelelawar menggantung sepanjang 2 km di atas langit gua. Sementara di Cave of The Winds, kamu akan disajikan keindahan stalaktit dan stalagmit yang menggantung di langit-langit gua.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  20 Tempat Wisata Thailand di Khao Yai, Mirip Seperti Eropa!

Di antara dua gua tersebut, terdapat aliran sungai di mana wisatawan bisa menyewa perahu mesin untuk menyusurinya. Wisata Malaysia ini buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

10. Legoland Malaysia, Taman Bermain yang Unik

Tempat Wisata Terbaik Malaysia yang Wajib Dikunjungi
Sumber: Instagram lhora_nab

Destinasi wisata ini adalah surga bagi anak-anak. Taman bermain paling populer di Malaysia ini memiliki dua wahana yang bisa dipilih pengunjung, yaitu Legoland Theme Park dan Legoland Water Park.

Jika ingin mengunjungi keduanya sekaligus, kamu bisa membeli tiket terusan seharga 289 RM (dewasa) dan 240 RM (anak-anak) untuk dua hari. Sedangkan jika hanya ingin liburan sehari, biayanya 239 RM (dewasa) dan 190 RM (anak-anak). Legoland buka mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.

Legoland Malaysia memiliki keunikan di mana bangunannya didesain mirip dengan tumpukan lego. Fasilitas tempat wisata terbaik Malaysia ini lengkap dengan permainan yang seru. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik pesawat melalui Bkamura Senai atau Changi Singapura, kemudian disambung dengan kendaraan lain. Apabila berangkat dari Kuala Lumpur, kamu bisa menyewa kendaraan, jaraknya sekitar 4 jam.

11. Berfoto di Atas Menara Kuala Lumpur

Tempat Wisata Favorit di Malaysia
Sumber: Instagram activeholidaytour

Selain Menara Kembar Petronas, Menara Kuala Lumpur juga salah satu bangunan tertinggi di Malaysia. Dari puncak menara tertinggi ke-6 di dunia ini, kamu bisa melihat pemkamungan Kota Kuala Lumpur secara jelas. Di sini kamu bisa mengambil foto ikonik, yaitu berpose di atas lantai kaca bening yang memacu adrenalin.

Menariknya, lantai puncak menara ikon Ibu Kota Malaysia ini bisa berputar sampai 360 derajat. Tempat wisata Malaysia terfavorit ini dibuka mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik taksi, bus, kereta, maupun naik kendaraan pribadi.

Sebaiknya, kunjungi destinasi saat malam untuk melihat pemkamungan lampu kota yang gemerlap. Di puncak menara, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Malaysia yang mewah di Restoran Berputar Seri Angkasa dan Atmosphere 360.

12. Gurney Drive, Pusat Makanan Terbaik di Penang

Tempat Wisata Terbaik Malaysia yang Wajib Dikunjungi
Sumber: Instagram elly_webb

Jika Penang disebut sebagai ibu kota kuliner Malaysia, maka Gurney Drive merupakan pusat semua masakan terbaik di Penang. Di sini kamu bisa merasakan warna dan suasana Penang yang hidup dan bersemangat. Dalam bahasa Melayu, Gurney Drive dikenal sebagai ‘Persiaran Gurney’. Lokasinya memang di tepi laut yang menawarkan berbagai makanan kaki lima dengan rasa yang menarik.

Temukan berbagai makanan khas Malaysia di sini. Mulai dari Bak Kuk Teh (sup iga dan daging babi berempah), Penang Laksa, Oh Chien (dadar tiram goreng), dan nasi lemak yang sangat populer.

Buka mulai pukul 6 sore sampai tengah malam, wisata kuliner Malaysia ini menawarkan berbagai pilihan menu halal dan nonhalal yang menggoda. Jaraknya sekitar 20 menit dari Bkamura Internasional Penang dan 15 menit dari terminal feri.

Itulah 12 rekomendasi tempat wisata di Malaysia yang wajib kamu datangi saat liburan. Destinasi mana yang paling ingin kamu kunjungi? Mari wujudkan liburan impian kamu bersama Antavaya.com. Liburan jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan dengan berbagai pilihan paket wisata yang menarik. The smart way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!