Internasional Smart Guide Smart Itinerary Smart Recommendation

Liburan Hemat: 16 Tempat Wisata Gratis Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi8 min read

20 May 2019

author:

Liburan Hemat: 16 Tempat Wisata Gratis Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi8 min read

Korea Selatan kini menjelma menjadi salah satu negara terfavorit wisatawan dunia untuk liburan. Entah itu mengkamulkan tur maupun pergi sendiri. Bagi kamu yang mau liburan ke Korea dengan bujet terbatas, kunjungi 16 tempat wisata gratis Korea Selatan di bawah ini saja. Liburan ke Korea dijamin hemat!

1. Jalan Santai di Gwanghwamun Square

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram yuniprihatiana

Belum ke Seoul rasanya jika belum mengunjungi Gwanghwamun Square dan berfoto dengan latar King Sejong the Great, sang penemu huruf Hangul maupun Admiral Yi Shun-Shin. Gwanghwamun Square berada di depan Gyeongbukgung Palace dan dikelilingi jalan raya yang selalu ramai. Kamu bisa berfoto dan bertamasya secara gratis di sini.

2. Menikmati Sungai Modern Seoul: Cheonggyecheon Stream

Cheonggyecheon Stream
Sumber: Instagram-randalldg

Tak jauh dari Gwanghwamun Square, terdapat tempat wisata menarik di Seoul yang bisa dinikmati secara gratis, yaitu Cheongyecheon Stream. Tempat wisata gratis Korea Selatan ini berupa aliran sungai bergaya modern yang mengalir di tengah kawasan bisnis Seoul. Sungai ini menjadi tempat favorit warga Seoul dan turis untuk bersantai sambil merendam kaki di aliran sungai yang sejuk.

Di kedua sisi sungai terdapat area berjalan yang didesain begitu apik. Selain itu, ada 14 titik menarik di sepanjang Cheonggyecheon Steam, yaitu Stepping Block, Wall of Hope, atau Mojeonggyo Bridge. Wisatawan pun bisa duduk di tepi sungai sambil bersantai atau berjalan menyusuri aliran sungai sambil mengobrol santai.

3. Melihat Keunikan Seoullo 7017

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram seoul_official

Seoullo 7017 merupakan destinasi wisata dan ikon terbaru Kota Seoul yang diresmikan pada 20 Mei 2017 lalu. Jembatan layang ini berupa taman kota sepanjang 1.024 km yang dibuat untuk pejalan kaki. Taman Seoullo 7017 didesain begitu cantik dan nyaman bagi pejalan kaki di tengah sibuknya aktivitas Kota Seoul.

Terdapat sekitar 228 spesies bunga dan 24.000 tanaman yang ditanam di sepanjang Seoullo 7017. Wisatawan bisa mengunjungi ikon wisata Seoul ini secara gratis tanpa dipungut biaya. Ada juga city walking tour gratis yang ditawarkan secara online bagi kamu yang ingin mempelajari lebih banyak soal Seoul dari zaman ke zaman.

4. Terhanyut Romantisme Sungai Han di Seoul

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram dust_ntk

Sungai Han merupakan salah satu ikon Kota Seoul yang sering dipakai di video musik boyband/girlband Korea. Wisata gratis Korea Selatan ini juga sering dijadikan tempat syuting reality show, drama, dan film Korea.

Sungai Han memiliki panjang 514 km dan bermuara di Laut Kuning. Sungai ini terbentang di sepanjang Kota Seoul mulai dari Gangseo, Nanji, Mangwon, Yanghwa, Seonyudo, Yeouido, Ichon, Banpo, Jamwon, Ttukseom, Jamsil, dan Gwangnaru.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  7 Tempat Terbaik di Korea untuk Menikmati Indahnya Musim Gugur

Tak heran jika di sepanjang sungai ini memiliki banyak jembatan dan taman yang cantik yang umumnya bisa diakses secara gratis. Bersantai di sekitar Sungai Han banyak digemari penduduk sekitar dan juga turis. Aktifitas menarik yang bisa dilakukan di Sungai Han seperti berfoto, berkemah, naik sepeda, bermain di air mancur, dan lainnya.

5. Melihat Pertunjukan Air di Banpo Bridge

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram instamaster_korea

Banpo Bridge merupakan satu dari sekian banyak jembatan yang berdiri di atas Sungai Han. Jembatan ini menghubungkan bagian utara dan selatan Kota Seoul. Atraksi paling hits di sekitar jembatan adalah Rainbow Fountain, pertunjukan air mancur dengan berbagai warna yang diiringi alunan musik romantis.

Pertunjukan gratis ini bisa dinikmati setiap pukul 8 malam dengan durasi pertunjukan selama 15 menit. Dari jembatan ini, kamu juga bisa melihat N Seoul Tower dari kejauhan.

6. Namsan Park, Taman Kota Terbesar di Seoul

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram s.lluvjp

Namsan Park merupakan taman kota terbesar di Seoul, Korea Selatan. Taman ini didesain dengan berbagai jenis bunga dan pohon ginkgo yang membuatnya begitu asri. Sangat menyenangkan bersantai di sini sambil foto-foto.

Wisata gratis Korea Selatan ini sering menjadi tempat transit orang-orang yang hendak mendaki Gunung Nam. Dari taman ini kamu bisa melihat pemkamungan Kota Seoul yang cantik, terutama di malam hari saat lampu mulai dinyalakan.

7. Pasar Malam Dongdaemun, Insadong, Namdaemun, dan Myeongdong

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram happyxtravels

Selain berbagai destinasi wisata alam dan kebudayaan, Seoul juga punya banyak pasar malam yang wajib dikunjungi dalam panduan wisata Korea Selatan. Seperti misalnya Dongdaemun yang lokasinya dekat dengan Gwanghwamun Square. Namdaemun merupakan pasar tradisional terbesar dan tertua sekaligus pasar retail terluas di Korea Selatan.

Ada juga Insadong dan Myeongdong yang semuanya jadi tempat belanja favorit turis maupun warga sekitar. Tak hanya belanja pernak-pernik khas Korea, di pasar malam ini kamu bisa membeli berbagai barang dalam harga murah. Bisa juga mencicipi berbagai kuliner khas Korea Selatan hingga mendapat sampel makeup gratis.

Sebelum kalap belanja, jangan lupa cari tahu dulu aturan bea masuk oleh-oleh dari luar negeri, ya.

8. Kawasan Hongdae, Tempat Berkumpulnya Anak Muda Seoul

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram lawrencekawai

Hongik University Street atau yang dikenal dengan Hongdae merupakan kawasan tempat berkumpulnya anak-anak muda Seoul. Kamu bisa merasakan suasana malam khas Seoul, wisata kuliner, hingga wisata belanja terhipster. Semakin malam, kawasan Hongdae akan semakin ramai dan menarik. Tak harus belanja atau makan, menyusuri jalan ini akan memberikan pengalaman seru saat liburan ke Korea Selatan.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Wisata Kuliner: 9 Tempat Makan Legendaris Bali yang Wajib Dikunjungi

9. Ewha Women University, Kampus yang Fotogenik

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram joyce.50

Sebenarnya, kawasan ini bukan termasuk ‘destinasi wisata’. Namun, kampus Ewha Women University memiliki desain yang artistik dan fotogenik sehingga banyak wisatawan yang datang dan berfoto-foto di sini.

Di sekitar area kampus juga terdapat banyak toko kosmetik, baju, tas, dan fashion item lainnya dengan diskon menarik. Bahkan pembagian sampel kosmetik gratis di sekitar Ewha Women University jauh lebih banyak dibandingkan di area Myeongdong.

10. Museum Hopping di Korea Sambil Memakai Hanbok

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram mouradarkin

Beberapa museum keren di Seoul memberikan program free admission untuk pengunjungnya. kamu bisa museum hopping sambil belajar sejarah Korea Selatan dan berburu foto di banyak spot keren.

Museum yang dimaksud adalah King Sejong Museum, The Olympic Museum, Museum of Korean Embroidery, dan The BK Plastic Surgery. Jika memakai Hanbok di siang hari, kamu bisa masuk The National Folk Museum secara gratis. Menarik bukan?

11. Melihat Upacara Pergantian Penjaga di Istana Deoksugung

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram kyeolko

Istana Deoksugung merupakan salah satu istana di Seoul yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Untuk masuk ke dalam istana ini memang dikenakan biaya. Namun, ada hal menarik yang bisa dinikmati wisatawan secara gratis, yaitu upacara pergantian penjaga yang diadakan di depan istana setiap hari pukul 11.00, 14.00, dan 15.30 KST.

Upacara pergantian penjaga ini lumayan meriah untuk dilihat serta berlangsung selama 30 menit per sesinya. Wisatawan juga bisa memakai pakaian tradisional Hanbok untuk berfoto di sini.

12. Some Sevit (Hangang Floating Island), Lokasi Syuting Avengers

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram ken_cascade

Sudah nonton film Avengers: Age of Ultron belum? Di film tersebut ada pengambilan gambar di Korea Selatan yang aslinya bernama Some Sevit atau Hangang Floating Island. Bangunan yang jadi tempat syuting Avengers tersebut berdiri di atas pulau terapung buatan yang dibangun di atas Sungai Han.

Dari Some Sevit, kamu bisa melihat ke arah Banpo Bridge dan menikmati rainbow fountain dari sudut yang berbeda. Untuk main ke pulau buatan ini gratis alias tidak dipungut biaya. Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan selain berfoto maupun bersantai. Ada banyak restoran, observation deck, hingga media art gallery.

13. Merasakan Masa Dinasti Joseon di Bukchon Hanok Village

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram liltsuji

Bukchon Hanok Village merupakan kawasan perumahan rumah tradisional Hanok seperti pada masa Dinasti Joseon. Rumah Hanok di wisata gratis Korea Selatan ini masih terjaga keasliannya dan menjadi pusat budaya bagi wisatawan yang ingin mengenal Korea lebih dalam.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Panduan Itinerary 4D3N: 9 Tempat Wisata Sumba yang Wajib Dikunjungi

Kawasan ini terletak di antara Gyeongbokgung, Changdeokgung, dan Jongmyo Shrine. Wisatawan bisa berkunjung ke kawasan perumahan Hanok ini secara gratis. Jangan lupa berfoto dengan latar Hanok yang keren.

14. Rumah Tradisional Korea di Namsangol Hanok Village

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram angelinadanilova

Masih belum puas menyusuri perumahan tradisional Korea di Bukchon Hanok Village? Masih ada Namsangol Hanok Village yang terletak di sekitar Gunung Nam. Di sini kamu bisa melihat rumah tradisional Korea di masa Dinasti Joseon lengkap dengan propertinya. Ada ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, hingga dapur yang dilengkapi dengan properti seperti aslinya.

Untuk ke Namsangol Hanok Village tidak dipungut biaya. Namun jika kamu ingin memakai Hanbok sambil berfoto di rumah tadisional, kamu cukup membayar biaya sewa 5.000 won.

15. Foto-Foto Cantik di Ihwa Mural Village

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram gaeruchan

Ihwa Mural Village terletak di antara Hyewa Station dan Dongdaemun Station atau tepatnya di bawah Naksan Park. Ihwa-dong merupakan salah satu kawasan tua di Seoul yang disulap menjadi tujuan wisata hits di Seoul. Perkampungan ini merupakan Naksan Project 2006 dari Komite Seni Publik.

Di sini kamu bisa melihat berbagai mural cantik yang dilukis oleh sekitar 60 seniman di dinding hingga tangga. Wisata gratis Korea Selatan ini merupakan tempat foto hits wisatawan maupun anak muda Seoul yang bisa dikunjungi setiap hari.

16. K-Star Road di Gangnam, Surganya K-Pop Lover

Tempat Wisata Gratis Korea Selatan
Sumber: Instagram jasonquan

Tempat wisata gratis Korea Selatan ini adalah surganya K-pop lover. Di sepanjang jalan terdapat gangnam doll dari berbagai grup K-pop terkenal. Misalnya EXO, BTS, dan TVXQ yang selalu laris menjadi objek foto wisatawan yang mampir ke Gangnam. Di area ini juga terdapat empat agensi besar di Korea, yaitu SM Entertainment, JYP Entertainment, Cube Entertainment, dan FNC Entertainment.

Fans K-pop banyak yang menunggu artis favoritnya di depan gedung agensi masing-masing. Jika beruntung, kamu bisa melihat artis K-pop maupun aktor/aktris Korea di sekitar Gangnam yang merupakan salah satu area high-class Seoul.

Meskipun pakai jasa tur ke Korea Selatan, kamu tetap bisa menyusuri Kota Seoul sampai puas karena setiap tur pasti memiliki waktu bebas. Beberapa destinasi di atas juga sering masuk dalam itinerary tour Korea Selatan. Untuk itu, segera pesan paket tur ke Korea Selatan di Antavaya.com. Pilihan destinasinya terbaik, tour guide-nya terpercaya, dan pastinya liburan kamu terjamin serunya!

Pesan Tur ke Korea

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!