Domestik Smart Recommendation

12 Aktivitas Seru di Labuan Bajo yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan10 min read

16 October 2020

author:

12 Aktivitas Seru di Labuan Bajo yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan10 min read

Ada banyak aktivitas seru di Labuan Bajo yang bisa kamu lakukan saat liburan. Destinasi populer dengan keindahan alam yang memesona ini memang menyimpan banyak hal menarik yang bisa kamu eksplor.

Langsung saja yuk simak rekomendasi kegiatan di Labuan Bajo, surga di Nusa Tenggara Timur berikut ini!

1. Bermain Air di Pink Beach

Kawasan Labuan Bajo merupakan gugusan pulau yang dikelilingi pantai-pantai cantik. Salah satu pantai di Labuan Bajo yang paling indah adalah Pink Beach atau Pantai Merah. Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Komodo.

Destinasi populer di Labuan Bajo ini sangat cocok untuk kamu yang suka menikmati keindahan alam. Pantai ini sangat unik karena memiliki pasir berwarna merah muda atau pink.

Warna pink tersebut berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang memberikan warna merah pada koral. Koral-koral tersebut kemudian terbawa ombak menuju pesisir, lalu hancur menjadi serpihan dan butiran pasir.

Fenomena pantai berpasir pink tentu sangat jarang terjadi. Bahkan jumlahnya hanya ada tujuh saja lho di dunia. Jadi, belum lengkap rasanya jika kamu berlibur di Labuan Bajo tanpa mampir ke Pink Beach untuk bersantai dan bermain air.

2. Berlayar Naik Kapal Pinisi di Labuan Bajo

Aktivitas menarik Labuan Bajo ini wajib banget kamu coba, apalagi jika kamu liburan bersama keluarga dan sahabat-sahabatmu. Pasti akan menjadi pengalaman liburan tak terlupakan seumur hidup!

Cara eksklusif untuk menikmati keindahan Labuan Bajo ini memang cukup mahal, tapi bisa dikatakan sangat worth it lho fellas. Apalagi wisata di Labuan Bajo memang identik dengan kegiatan island hopping alias berwisata dari satu pulau ke pulau lain.

Kapal pinisi yang disewakan akan dengan senang hati menemanimu berlayar mengarungi pulau-pulau di wisata Nusa Tenggara Timur ini. Desain interior yang mewah, kamar yang nyaman, serta beragam fasilitas akan memanjakanmu selama pelesir di Labuan Bajo.

3. Bertemu Komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo

Aktivitas menarik di Labuan Bajo ini wajib banget kamu lakukan. Rasanya enggak afdol liburan di Labuan Bajo tanpa bertemu dan berinteraksi dengan hewan purba yang satu ini.

Destinasi terbaik untuk bertemu komodo di Labuan Bajo di antaranya adalah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Sebagai informasi, Pulau Rinca adalah habitat terbesar komodo di Taman Nasional Komodo.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat ingin bertemu reptil raksasa ini. Pertama, pastikan jangan jalan sendirian sepanjang jalur trekking. Ingat, komodo itu hewan liar yang hidup bebas di habitatnya.

Kemudian, selalu jaga jarak aman, yaitu sekitar 3-5 m dari komodo. Enggak boleh terlalu dekat deh intinya. Terus, sebaiknya tunda kegiatan bertemu komodo jika kamu sedang halangan atau menstruasi. Sebab, penciuman komodo sangat sensitif dengan darah.

Paket Tour Labuan Bajo

4. Trekking di Spot Terbaik Labuan Bajo: Pulau Padar

Kegiatan seru di Labuan Bajo yang satu ini juga wajib banget kamu lakukan. Pulau Padar adalah salah satu destinasi terbaik di Labuan Bajo dan merupakan spot wisata populer di Indonesia yang wajib masuk bucket list kamu.

Pulau Padar memang merupakan salah satu tujuan utama bagi para pelancong yang berlibur di Taman Nasional Komodo dan sekitarnya. Penampakan dari puncak Pulau Padar sangatlah indah dan ikonik.

Kamu bisa melihat deretan bukit, sabana, dan laut yang terbentang di sekitar pulau. Belum lagi kapal yang lalu lalang semakin menambah keindahan panorama di sini.

Ada beberapa hal yang wajib kamu siapkan sebelum trekking di Pulau Padar. Pertama, kamu harus menyiapkan stamina karena perjalanan menuju atas menghabiskan waktu sekitar 45 menit-1 jam.

Jangan lupa siapkan juga topi, kacamata, air minum, dan pakai sunblock ya! Kamu juga bisa membawa properti seperti selendang dan kain supaya hasil foto kamu makin keren.

Waktu terbaik Labuan Bajo untuk trekking di Pulau Padar adalah saat pagi hari dan sore hari di mana matahari terbit dan terbenam.

5. Mencoba Scuba Diving di Manta Point

View this post on Instagram

Permisi Manta

A post shared by Aditya P (@adtbo) on

Selain dikelilingi lanskap alam yang indahnya bukan main, Labuan Bajo juga dikarunia kehidupan bawah laut yang spektakuler. Salah kegiatan yang wajib kamu coba saat berlibur di Labuan Bajo adalah scuba diving di Manta Point.

Apa sih yang menarik dari Manta Point di Labuan Bajo? Spot menyelam terbaik di Labuan Bajo ini sangat cantik untuk dinikmati karena kamu bisa berenang dan menari bersama ikan pari manta yang hidup dengan bebas.

Ikan pari manta atau manta ray ini merupakan impian semua pencinta alam yang suka dengan petualangan. Berenang bersama mereka tentunya mimpi yang menjadi nyata!

Kalau kamu belum memiliki izin menyelam, jangan khawatir karena kamu masih bisa kok snorkeling di Manta Point.

6. Menikmati Kecantikan Pulau Kanawa

Aktivitas seru di Labuan Bajo lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mengunjungi Pulau Kanawa. Pulau kecil yang nampak seperti pulau pribadi ini menyimpan banyak hal menarik yang bisa kamu eksplor.

Sesampainya di Pulau Kanawa, kamu akan langsung disambut dengan dermaga kecil yang apik. Dermaga inilah yang akan mengantarkanmu menuju petualangan seru di Pulau Kanawa.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pulau Kanawa antara lain trekking ke atas bukit untuk mendapatkan pemandangan perbukitan yang dipadu dengan birunya air laut. Kamu juga bisa menyelam sambil menikmati alam bawah laut di sekitar Pulau Kanawa.

Tak hanya itu, sekadar bersantai di balai-balai mirip gazebo di sekitar pulau juga sangat menyenangkan. Apalagi jika sambil menyaksikan indahnya matahari terbenam di Pulau Kanawa. Seru banget!

7. Mengagumi Senja di Bukit Sylvia

Bukit Sylvia adalah salah satu tempat paling asyik untuk menikmati pesona senja Labuan Bajo. Dari atas bukit, kamu akan disuguhkan pemandangan laut biru nan jernih, pulau-pulau kecil yang indah, hingga kapal pesiar dan nelayan yang hilir mudik di sekitar bukit.

Cocok banget nih jika kamu mengajak pasangan kamu mengagumi sunset di Bukit Sylvia karena suasananya romantis banget! Spot wisata Labuan Bajo ini bahkan sering disebut sebagai Bukit Cinta.

Pastikan memakai alas kaki yang nyaman ya saat ke sini.

8. Senja dan Atraksi Kelelawar di Pulau Kalong

Ada banyak banget aktivitas seru di Labuan Bajo yang wajib kamu coba. Salah satu yang paling menarik adalah melihat ratusan hingga ribuan kelelawar terbang saat senja tiba di Pulau Kalong.

Momen ini sangatlah magis dan menakjubkan, dijamin bikin tercengang! Ukuran kelelawar di Pulau Kalong pun cukup besar dan jumlahnya sangat banyak sehingga terlihat jelas di kamera.

Pulau Kalong terletak di antara Pulau Papagarang dan Pulau Rinca. Jaraknya sekitar dua jam dari Kota Labuan Bajo. Waktu terbaik mengunjungi Pulau Kalong adalah saat senja hingga malam hari. Kamu bisa naik kapal untuk melihatnya.

9. Mengunjungi Gua Batu Cermin yang Unik

Labuan Bajo punya banyak tempat wisata unik yang akan menghadirkan pengalaman liburan tak biasa untukmu. Jangan lewatkan berkunjung ke Gua Batu Cermin untuk melihat indahnya sinar matahari yang masuk lewat celah-celah gua saat siang hari.

Sinar matahari tersebut kemudian akan dipantulkan oleh dinding batu gua sehingga tampak memantul seperti cermin. Itu sebabnya gua ini dinamakan Gua Batu Cermin.

Kenapa dinding gua bisa memantulkan cahaya matahari seperti itu? Usut punya usut, ternyata dinding gua ini mengandung banyak garam karena dulunya berada di bawah laut. Pasti seru deh menyusuri gua dengan luas sekitar 19 hektare dan ketinggian 75 m ini.

10. Berwisata di Gili Lawa yang Cantik

Gili Lawa adalah pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di gugusan Kepulauan Komodo dan langsung berhadapan dengan Laut Flores. Penampakan dari pulau ini istimewa sekali lho, fellas.

Gili Lawa atau Gili Laba memiliki spot ikonik di mana ada semacam selat yang diapit oleh dua pulau. Wajib banget deh foto di spot ini sangat berkunjung ke Gili Lawa.

Di sini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan yang dipenuhi dengan hamparan padang rumput. Saat musim kemarau, warnanya akan berwarna kuning, sementara saat musim hujan akan terlihat hijau segar.

Gili Lawa terbagi menjadi dua, yaitu Gili Lawa Darat dan Gili Lawa Laut. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Gili Lawa di antaranya snorkeling, berenang, trekking, hingga bermain air.

11. Mengunjungi Taka Makassar Labuan Bajo

Satu lagi destinasi wisata unik di Labuan Bajo yang wajib kamu kunjungi, yaitu Taka Makassar. Tempat ini sangat ikonik karena hanya berupa pulau pasir kecil di tengah lautan dengan air jernih berwarna biru dan pasir putih yang berkilauan.

Selain memiliki bentuk dan pemandangan yang eksotis, Taka Makassar juga memiliki keanekaragaman bawah laut yang begitu memukau. Sangat cocok dijadikan spot untuk snorkeling dan diving!

12. Bermain di Air Terjun Cunca Wulang

View this post on Instagram

weekend vibes🧜🏻‍♀️

A post shared by Putri Karlina D (@putrikarlinad) on

Kamu suka dengan petualangan? Wajib banget mencoba hal seru di Air Terjun Cunca Wulang. Air terjun eksotis di Labuan Bajo ini sangat menarik untuk dikunjungi. Pemandangannya itu lho, aduhai!

Ada tiga air terjun di Cunca Wulang yang bisa kamu nikmati. Namun, sebelumnya kamu harus trekking selama 30 menit melewati hutan sebelum mencapai lokasi indah di Nusa Tenggara Timur ini.

Air Terjun Cunca Wulang dihiasi dengan tebing-tebing cantik dan air berwarna biru yang sangat jernih. Cocok banget untuk kamu yang suka bermain air dan berenang!

Di sini kamu juga bisa mencoba melompat dari tebing setinggi 3 hingga 5 meter. Wajib coba untuk petualang sejati!

Masih banyak aktivitas seru dan menarik di Labuan Bajo yang bisa kamu eksplor. Langsung saja yuk hubungi AntaVaya untuk merasakan petualangan seru tak terlupakan di tour Labuan Bajo!

Paket Tour Labuan Bajo

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!