Internasional Smart Recommendation

12 Rekomendasi Wisata Masjid Terindah di Turki yang Wajib Dikunjungi7 min read

22 December 2021

author:

12 Rekomendasi Wisata Masjid Terindah di Turki yang Wajib Dikunjungi7 min read

Turki memiliki banyak masjid megah dengan arsitektur yang mengagumkan. Mengunjungi masjid indah di Turki pun menjadi kegiatan wajib saat liburan di negara yang terletak di Benua Eropa dan Asia ini.

Simak yuk beberapa rekomendasi masjid Turki paling indah dan populer berikut ini. Cocok untuk wisata religi!

1. Hagia Sophia, Istanbul

Hagia Sophia, Istanbul
Hagia Sophia, Istanbul

Pasti kamu sudah tak asing dengan masjid terindah di Turki yang satu ini. Hagia Sophia punya sejarah yang panjang sebelum akhirnya kembali menjadi masjid pada 10 Juli 2020.

Hagia Sophia beberapa kali beralih fungsi. Awalnya merupakan gereja pada masa Kekaisaran Bizantium (325-1453), masjid di masa Kesultanan Ottoman (1453-1935), museum saat Turki menjadi negara republik (1935-2020), dan kembali menjadi masjid pada pemerintahan Erdogan (2020).

Sebenarnya Hagia Sophia yang kita lihat saat ini merupakan bangunan ketiga karena dua bangunan sebelumnya telah hancur dibakar saat kerusuhan. Bangunan yang sekarang merupakan gereja yang dibangun antara tahun 532-537 atas perintah Kaisar Romawi Timur Yustinianus I.

Destinasi terpopuler di Turki ini tak hanya terlihat indah dari luar, tapi juga memiliki interior yang sangat menarik. Pada bagian langit-langit, terdapat lukisan Bunda Maria dan bayi Yesus yang bersebelahan dengan kaligrafi Allah SWT dan Muhammad SAW.

Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Hagia Sophia saat liburan ke Turki. Jika kamu Muslim, cobalah salat di sini yang pastinya akan menjadi kenangan tak terlupakan.

2. Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmed

Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmed
Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmed

Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmed merupakan masjid megah dan populer yang menjadi destinasi andalan di Istanbul, Turki. Masjid ini sangat fotogenik sehingga membuat banyak wisatawan senang mengunjunginya.

Masjid ini dibangun antara tahun 1609-1616 di masa pemerintahan Ahmed I. Enam menara yang menjadi karakteristik Blue Mosque menjadi desain yang tidak biasa dalam gaya arsitektur khas Ottoman. Namun, inilah yang membuat penampakannya semakin khas.

Masjid terindah di Turki ini dinamakan demikian karena dihias dengan keramik biru Iznik sejumlah 21.043. Blue Mosque juga terkenal memiliki halaman yang besar di mana wisatawan dapat melihat makam Sultan Ahmed.

Jika berniat mengunjungi Masjid Sultan Ahmed, gunakanlah pakaian yang tertutup ya. Untuk wisata, hindari waktu menjelang ibadah karena masjid akan ditutup untuk wisatawan. Sebaiknya datanglah di pagi atau menjelang siang.

Kunjungi juga Sultanahmet Square yang lokasinya dekat dengan Blue Mosque untuk melihat destinasi terbaik melihat tulip di Turki pada bulan April-Mei.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Mau Wisata di Rusia? Ini Itinerary Liburan Musim Dingin Selama 10D!

3. Suleymaniye Mosque atau Masjid Raya Sulaimaniah

Suleymaniye Mosque atau Masjid Raya Sulaimaniah
Suleymaniye Mosque atau Masjid Raya Sulaimaniah

Jangan tertukar ya, ini bukan Blue Mosque melainkan Suleymaniye Mosque atau Masjid Raya Sulaimaniah. Suleymaniye Mosque didirikan pada tahun 1550 dan selesai tahun 1557 dengan arsitek Mimar Sinan.

Masjid cantik di Istanbul ini dibangun oleh Dinasti Utsmaniyah pada masa Sultan Sulaiman Al-Qanuni. Masjid ini juga menjadi bukti dari besarnya Kerajaan Ottoman di masa silam.

Posisinya yang berada di puncak bukit membuat Suleymaniye Mosque menjadi salah satu landmark Istanbul yang paling dikenal.

4. Masjid Rustem Pasha, Istanbul

Masjid Rustem Pasha, Istanbul
Masjid Rustem Pasha, Istanbul

Masjid Rustem Pasha mungkin tidak memiliki arsitektur megah dibandingkan rekomendasi wisata masjid terindah Turki di artikel ini. Namun, masjid di Istanbul ini tetap layak dikunjungi karena jaraknya sangat dekat dengan Masjid Raya Sulaimaniah.

Di sini kamu dapat mengagumi karya ubin Iznik yang spektakuler dari dekat. Perancang masjid ini adalah arsitek Ottoman Mimar Sinan. Lokasinya cukup tersembunyi karena masjid ini terletak di atas permukaan jalan sehingga tidak mudah terlihat oleh orang yang lewat.

5. Masjid Camlica atau Grand Camlica Mosque

Masjid Camlica atau Grand Camlica Mosque
Masjid Camlica atau Grand Camlica Mosque

Tak seperti masjid lainnya di kota Istanbul, Masjid Camlica bukanlah peninggalan bersejarah karena merupakan mega proyek yang diusung oleh Presiden Erdogan. Masjid yang dibangun selama enam tahun ini bahkan digadang-gadang akan menjadi masjid terbesar di Turki.

Masjid yang dibuka pada awal Maret 2019 lalu ini mengusung perpaduan gaya arsitektur era Utsmaniyah dan Seljuk. Luasnya mencapai 15 ribu meter persegi dan diperkirakan mampu menampung sebanyak 63 ribu jamaah. Luar biasa, bukan?

Masjid di Istanbul ini dirancang oleh dua arsitek perempuan, yaitu Bahar Mizrak dan Hayriye Gul Totu. Lokasinya berada di bukit tertinggi Istanbul sehingga wisatawan dapat melihat kota dari ketinggian. Tertarik mengunjungi masjid terindah di Turki ini, Fellas?

6. Masjid Ortakoy, Istanbul

Masjid Ortakoy, Istanbul
Masjid Ortakoy, Istanbul

Di tepi Selat Bosphorus terdapat sebuah masjid peninggalan Imperium Utsmaniyah Turki pada masa kejayaannya. Itulah Masjid Ortakoy yang terkenal akan keindahannya dan menjadi salah satu objek wisata religi populer di Turki.

Masjid Ortakoy sering disebut sebagai “Masjid Romantis” karena temboknya berwarna merah muda. Pemandangan di sekitar masjid juga sangat mengagumkan dengan latar Selat Bosphorus yang menjadi penghubung wilayah Eropa dan Asia di Turki.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Wisata Kuliner: 9 Tempat Makan Legendaris Bali yang Wajib Dikunjungi

Interior dan dekorasi masjid sangat kental dengan beragam ukiran Neo Baroque yang dominan berwarna pink. Hal ini membuat penampakan Masjid Ortakoy semakin cantik dan indah dipandang mata.

Masjid di Istanbul ini dibuka pada tahun 1856. Pembangunannya sendiri atas perintah Sultan Abdulmecid di atas reruntuhan Cantemir Palace. Seperti semua masjid yang dibangun di bawah komando para sultan, bangunannya terdiri dari dua bagian, yaitu area ibadah dan area istana musim panas.

Masjid tua di Istanbul ini juga merupakan simbol sejarah penyebaran Islam di Turki. Jika ikut tour Turki di AntaVaya, kamu dapat menikmati pesona Masjid Ortakoy dari Bosphorus Cruise, kapal pesiar yang akan mengantarkanmu berlayar di antara Asia dan Eropa.

Paket Tour Turki

7. Masjid Dolmabahçe, Istanbul

Masjid Dolmabahçe, Istanbul
Masjid Dolmabahçe, Istanbul

Masjid Dolmabahçe adalah masjid yang terletak di pelataran Istana Dolmabahçe, Istanbul, Turki. Masjid indah ini juga biasa disebut sebagai Masjid Sultan Bezmialem Valide.

Masjid di Turki ini dibangun oleh Bezm-i Alem Valide. Setelah beliau meninggal, pembangunannya dilanjutkan oleh putranya bernama Sultan Abdul Majid (Abdülmecid).

8. Grand Mosque of Bursa atau Masjid Ulu Camii Bursa

Grand Mosque of Bursa atau Masjid Ulu Camii Bursa
Grand Mosque of Bursa atau Masjid Ulu Camii Bursa

Tak hanya Istanbul, Bursa juga memiliki masjid indah nan megah bernama Grand Mosque of Bursa atau Masjid Ulu Camii Bursa. Bursa adalah ibu kota pertama Kekaisaran Ottoman. Tak heran jika kota ini sangat kental dengan kekayaan arsitektur awal Ottoman.

Grand Mosque of Bursa sendiri terletak di jantung kota. Bangunannya dikelilingi oleh area bazar Koza Han (Caravanserai) yang telah dipugar dengan baik. Di sini wisatawan bisa merasakan bagaimana ‘rupa’ perdagangan Bursa di masa lalu.

Masjid di Turki dengan gaya Seljuk yang khas ini memiliki atap yang terdiri dari 20 kubah. Dibangun oleh Sultan Beyazıt I (memerintah 1389-1402) pada tahun 1399.

Kunjungilah Grand Mosque of Bursa bersama AntaVaya. Intip itinerary liburan Turki 10 hari di sini.

9. Masjid Agung Mardin atau Mardin Grand Mosque

Masjid Agung Mardin atau Mardin Grand Mosque
Masjid Agung Mardin atau Mardin Grand Mosque

Masjid Agung Mardin dibangun pada tahun 1176 dan merupakan salah satu peninggalan sejarah Islam. Masjid Turki ini memiliki ciri khas kubah besar dengan menaranya yang kokoh.

Mardin sendiri merupakan kota di Turki yang letaknya berbatasan dengan Irak serta Siria. Kota ini ditaklukkan oleh Bani Umayyah pada tahun 641 masehi. Bangunan yang dulunya gereja pun berubah menjadi masjid sesaat setelah Islam menguasai kota ini.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  10 Kegiatan Seru yang Wajib Kamu Lakukan Saat Liburan di Belanda

Masjid populer di Mardin ini sangat cocok dikunjungi jika kamu ingin wisata religi di Turki, terutama saat Ramadan.

10. Masjid Selimiye atau Selimiye Camii, Edirne

Masjid Selimiye atau Selimiye Camii, Edirne
Masjid Selimiye atau Selimiye Camii, Edirne

Masjid Selimiye atau Selimiye Camii adalah masjid bersejarah peninggalan kekaisaran Utsmaniyah atau biasa disebut dengan Turki Usmani. Masjid cantik di Turki ini berada di kota Edirne dan dibangun atas perintah Sultan Selim II. Sebab itulah masjid ini dinamakan Selimiye.

Pembangunan masjid yang dirancang arsitek Mimar Sinan ini butuh waktu sekitar enam tahun, yakni dari tahun 1568-1574. Mimar Sinan sendiri dikenal sebagai arsitek berpengalaman pada imperium Utsmaniyah.

Karya-karyanya identik dengan ciri khas kubah yang besar serta menara-menara tinggi seperti batang pensil. Sementara Masjid Selimiye dirancang khusus dengan bentuk kubah dua tingkat.

11. Masjid Kocatepe, Ankara

Masjid Kocatepe, Ankara
Masjid Kocatepe, Ankara

Ankara punya masjid cantik yang bisa kamu kunjungi untuk wisata religi lho, namanya Masjid Kocatepe. Masjid terbesar di ibu kota Turki ini dibangun antara tahun 1967-1987.

Awalnya masjid ini memiliki desain yang inovatif dan modern, namun mendapat kritik keras dari kaum konservatif. Desainnya pun dimodifikasi dan dibangun dengan gaya arsitektur Ottoman neo-klasik.

Masjid Kocatepe dapat dilihat dari setiap sudut kota Ankara karena ukurannya yang besar, bahkan bisa menampung hingga 24.000 jamaah.

12. Masjid Isa Bey, Selçuk

Masjid Isa Bey, Selçuk
Masjid Isa Bey, Selçuk

Mampir ke kota Selçuk, yuk. Di sini kamu bisa mengunjungi masjid indah Turki bernama Masjid Isa Bey. Masjid ini letaknya berada di antara gereja dan kuil. Hanya berjarak 300 meter dari reruntuhan Kuil Artemis dan 250 meter dari pintu masuk ke Basilica Of Saint John.

Masjid Isa Bey dibangun pada tahun 1374-75 dan merupakan salah satu karya seni arsitektur tertua yang tersisa dari Anatolian beyliks.

Masjid ini memiliki dua pintu masuk utama, ke timur dan ke barat. Lapangan air mancur di tengahnya pun semakin menambah daya tariknya. Uniknya lagi, masjid ini memiliki desain yang asimetris.

Itulah daftar rekomendasi masjid indah di Turki yang wajib kamu kunjungi untuk wisata religi. Yuk jalan-jalan ke Turki bareng AntaVaya, dijamin seru dan bebas repot!

Paket Tour Turki

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!