Internasional Smart Recommendation

16 Tempat Wisata di Serbia Paling Populer, Sungguh Menawan Hati!8 min read

16 December 2021

author:

16 Tempat Wisata di Serbia Paling Populer, Sungguh Menawan Hati!8 min read

Serbia merupakan negara yang terletak di persimpangan Eropa Tengah dan Balkan. Destinasi cantik ini menawarkan suasana kota abad pertengahan dengan benteng-benteng dan biara-biara kunonya. Hal ini membuat tempat wisata Serbia semakin istimewa dan memesona.

Tak hanya memiliki kota yang menawan, Serbia juga memiliki wisata alam yang indah. Kenalan lebih jauh yuk dengan destinasi-destinasi populer di Serbia. Inilah rekomendasi wisata di Serbia yang wajib kamu kunjungi.

1. Belgrade Fortress atau Benteng Beograd

Belgrade Fortress atau Benteng Beograd - Wisata Serbia
Belgrade Fortress atau Benteng Beograd

Belgrade atau Beograd adalah kota yang wajib kamu kunjungi saat wisata di Serbia. Ibu kota Serbia ini terletak di pertemuan antara Sungai Danube dan Sungai Sava.

Nah, di Belgrade ada destinasi wisata populer yang wajib dikunjungi bernama Belgrade Fortress atau Benteng Beograd. Benteng bersejarah dengan peninggalan tembok, menara, monumen, gereja, dan museum sejarah militer ini menghadap ke Pulau Perang Besar.

Benteng Beograd yang berada di atas bubungan setinggi 125,5 meter ini juga berada di pertemuan antara Sungai Sava dengan Danube sehingga membuat pemandangannya semakin indah.

Struktur dasar Benteng Beograd dibangun pada awal abad ke-15, namun bagian temboknya berasal dari zaman Romawi. Selain itu, di sekeliling benteng ini terdapat Taman Kalemegdan Besar dan Kecil serta Kebun Binatang Beograd.

2. Taman Kalemegdan

Taman Kalemegdan - Wisata Serbia
Taman Kalemegdan, Beograd

Taman Kalemegdan merupakan taman terbesar dan monumen penting dan bersejarah di Belgrade. Letaknya berada di satu kawasan dengan Benteng Beograd, jadi kamu bisa mengunjungi dua wisata Serbia sekaligus.

Kalemegdan dibagi menjadi dua, yaitu Taman Besar dan Taman Kecil. Penduduk sering kali salah menyebut seluruh benteng menjadi Benteng Kalemegdan, padahal taman ini hanya menempati bagian kecil dari Benteng Beograd.

Pemandangan di taman ini sangat indah dan menenangkan dengan padang rumput hijau yang luas. Sangat layak dikunjungi, terlebih Serbia termasuk dalam 77 negara bebas visa untuk WNI.

3. Saint Sava Temple atau Gereja Santo Sava

Saint Sava Temple - Wisata Serbia
Saint Sava Temple, Beograd

Saint Sava Temple bukan hanya gereja Ortodoks Serbia terbesar, tetapi juga tempat ibadah Ortodoks terbesar di Balkan dan salah satu gereja Ortodoks terbesar di dunia.

Tempat wisata Serbia yang wajib dikunjungi di kota Beograd ini sangat terkenal. Bahkan bisa dibilang sebagai bangunan paling monumental di Beograd.

Konon, gereja ini dibangun di atas lembah Vračar, yaitu tempat dibakarnya pusaka Santo Sava oleh Wazir Agung Utsmaniyah Sinan Pasha pada tahun 1595 sebagai hukuman atas pemberontakan Serbia pada tahun 1594.

Saint Sava Temple memiliki luas 8.162 m² dengan dua lantai dan beberapa galeri yang dapat menampung sekitar 10.000 jamaah. Tak hanya mengagumi arsitektur gereja dan mengunjungi ruang bawah dengan langit-langit emas, wisatawan juga dapat bersantai di taman sekitar.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  12 Destinasi Wisata Lombok Paling Populer di 2022, Dijamin Indah!

Paket Tour Serbia

4. Republic Square (Beograd)

Republic Square (Belgrade) - Wisata Serbia
Republic Square (Belgrade)

Jika kamu berencana bertemu dengan seseorang di kota Beograd, bisa jadi kamu akan bertemu di sini. Republic Square adalah salah satu alun-alun pusat kota Beograd yang terletak di kotamadya Stari Grad.

Umumnya orang-orang akan bertemu di ‘kod konja’ alias ‘di bawah kuda’. Kuda yang dimaksud adalah patung Pangeran Mihailo di atas kuda kepercayaannya.

Destinasi wisata di Beograd ini dikelilingi oleh beberapa bangunan yang bisa kamu kunjungi, seperti Museum Nasional, Teater Nasional, dan banyak lagi.

5. Museum of Yugoslavia

Museum of Yugoslavia - Wisata Serbia
Museum of Yugoslavia, Beograd

Museum of Yugoslavia adalah museum sejarah publik yang terletak di Beograd, ibu kota Serbia. Destinasi ini adalah museum yang paling banyak dikunjungi di Serbia.

Di Museum of Yugoslavia, kamu bisa belajar mengenai periode Kerajaan Yugoslavia dan Sosialis Yugoslavia serta kehidupan Josip Broz Tito. Di sini jugalah Makam Joseph Broz Tito berada, yaitu Presiden pertama Yugoslavia yang merupakan sahabat karib Presiden Bung Karno. Makamnya terletak di salah satu bangunan museum bernama The House of Flower.

6. Knez Mihailova Street

Knez Mihailova Street - Destinasi Serbia
Knez Mihailova Street, Beograd

Mau jalan-jalan menikmati keindahan kota Beograd? Kunjungilah Knez Mihailova Street, zona pejalan kaki dan perbelanjaan utama di Beograd.

Jalanan ini juga menjadi salah satu landmark tertua dan paling berharga di Beograd. Di sini kamu bisa melihat sejumlah bangunan dan rumah besar yang dibangun pada akhir tahun 1870-an.

Sepanjang satu kilometer Knez Mihailova Street dilindungi sebagai unit sejarah budaya spasial pada tahun 1964. Pada tahun 1979, jalanan ini kembali diangkat menjadi Spatial Cultural-Historical Units of Great Importance dan dilindungi oleh Republik Serbia.

7. St. George’s Church atau Oplenac

St. George's Church atau Oplenac
St. George’s Church atau Oplenac

St. George’s Church atau yang lebih dikenal dengan nama Oplenac adalah rumah makam kerajaan Serbia dan Yugoslavia Karađorđević yang terletak di atas Bukit Oplenac di kota Topola, Serbia.

Gereja Oplenac didirikan oleh Raja Peter I dari Yugoslavia. Anggota keluarga kerajaan ada yang dimakamkan di gereja, di ruang bawah tanah di bawah gereja, hingga di halaman gereja.

Daya tarik Oplenac terletak pada desain bangunannya yang super cantik. Bagian dalam gereja didekorasi banyak mosaik yang mengagumkan. Di kubah utamanya terdapat lampu gantung dengan diameter 9 meter yang membuatnya semakin megah.

8. Zica Monastery

Zica Monastery - Destinasi Serbia
Zica Monastery

Zica Monastery adalah biara yang dibangun pada awal abad ke-13. Lokasinya berada di dekat Kraljevo di pintu masuk Ngarai Ibar di Serbia tengah. Biara berwarna merah ini terlihat sangat cantik dan kontras dengan pohon-pohon hijau di sekitarnya.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  12 Aktivitas Seru di Labuan Bajo yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan

Biara yang dibangun bergaya Romanesque ini dicat merah sesuai tradisi biara Gunung Athos. Bangunannya sendiri didirikan oleh Raja Stefan Prvovencani.

Menjelang akhir abad ke-13, Zica Monastery sempat dibakar dan ditinggalkan. Namun, kembali direnovasi selama akhir abad ke-13 dan awal abad ke-14. Renovasi paling lengkap diselesaikan pada masa pemerintahan Raja Milutin (1282-1321).

Paket Tour Serbia

9. Kadinjaca Memorial Complex

Kadinjaca Memorial Complex - Destinasi Serbia
Kadinjaca Memorial Complex

Kadinjaca Memorial Complex adalah monumen untuk memperingati anggota Batalyon Buruh yang tewas di tempat ini saat melawan Jerman pada November 1941. Kompleks seluas 15 hektare ini terdiri dari piramida batu dengan ruang bawah tanah untuk para prajurit yang gugur.

Destinasi wisata di Serbia ini sangat unik dan futuristik. Desainnya berupa rangkaian pilar granit putih yang menawan dengan berbagai ketinggian dan sudut. Semuanya berpadu membentuk patung ‘lubang peluru’ simbolis dan berpuncak pada dua pilar setinggi 14 meter.

Posisinya yang berada di bukit hijau dengan latar langit biru pun membuatnya mirip dengan Stonehenge. Sangat cocok dikunjungi, terlebih Serbia merupakan negara bebas karantina untuk Indonesia.

10. Drina River House

Drina River House - Destinasi Serbia
Drina River House

Rumah di atas batu di tengah sungai yang dikelilingi hutan dan pegunungan yang indah? Terdengar seperti cerita dongeng, tapi destinasi unik ini betulan ada di wisata Serbia.

Drina River House telah banyak memikat wisatawan dari seluruh dunia. Rumah ini bahkan menjadi foto National Geographic pada bulan Agustus 2012.

Saat musim panas, Sungai Drina akan menjadi tuan rumah dari sejumlah acara lomba layar. Lomba layar Serbia ini merupakan pesta meriah yang melibatkan ratusan kapal, BBQ, terompet, berbagai kontes, dan konser.

11. Petrovaradin Fortress

Petrovaradin Fortress
Petrovaradin Fortress, Novi Sad

Tak hanya Beograd, kamu juga wajib mengunjungi kota Novi Sad saat liburan di Serbia. Kota ini memiliki benteng memesona di tepi kanan Sungai Danube bernama Petrovaradin Fortress.

Petrovaradin Fortress memiliki banyak terowongan serta 16 kilometer sistem countermine bawah tanah yang kokoh. Pada tahun 1991, benteng ini ditambahkan ke dalam daftar Spatial Cultural-Historical Units of Great Importance oleh Serbia.

Wisatawan dapat memesan tur untuk menjelajahi terowongan di benteng ini. Di sini juga terdapat museum sejarah dan restoran dengan pemandangan Danube yang sangat menarik.

12. Petrovaradin Clock Tower

Petrovaradin Clock Tower
Petrovaradin Clock Tower, Novi Sad

Destinasi Novi Sad di Serbia yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Petrovaradin Clock Tower. Jam ini berada di atas alun-alun dengan pemandangan indah Danube.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Itinerary Wisata Vietnam 6D5N: Paket Tur 6 Kota Populer

Uniknya, jarum kecil Petrovaradin Clock Tower ditukar dengan jarum jam yang besar. Hal ini sengaja dilakukan agar para nelayan di Danube dapat melihat jam meskipun dari jauh.

Di sini kamu dapat duduk-duduk santai sambil melihat pemandangan kota Novi Sad dan sunset-nya yang luar biasa indah.

13. Dunavska Street

Dunavska Street
Dunavska Street, Novi Sad

Dunavska Street merupakan destinasi wisata Serbia di kota Novi Sad yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Di sini juga terdapat Taman Danube yang pembangunannya dimulai pada tahun 1895. Sebuah tempat favorit untuk istirahat dan rekreasi penduduk lokal Novi Sad.

Salah satu jalan tertua dan terindah di Novi Sad ini dipenuhi dengan bangunan berwarna-warni yang menyegarkan mata. Hampir semuanya berasal dari pertengahan abad ke-19 yang dibangun setelah Novi Sad mengalami kerusakan pada revolusi 1848 melawan Kekaisaran Austria.

Jalanan ini juga sering kali dihias dengan berbagai ornamen lampu yang berkilauan.

14. Trg Slobode, Novi Sad

Trg Slobode
Trg Slobode

Selama jalan-jalan di kota Novi Sad, cobalah menuju alun-alun Trg Slobode yang juga dikenal dengan Svetozar Miletić Square. Kawasan ini seluruhnya berbatasan dengan arsitektur bersejarah.

Di tengah Trg Slobode terdapat Monument of Svetozar Miletić, patung seorang tokoh dari abad ke-19. Bangunan lain yang bisa kamu nikmati selain patung tersebut misalnya balai kota Neo-Renaissance dari tahun 1895, Name of Mary Church, dan Hotel Vojvodina.

15. Subotica City Hall

Subotica City Hall
Subotica City Hall

Masih ada banyak kota wisata di Serbia yang wajib kamu kunjungi, salah satunya adalah Subotica. Berbeda dengan banyak kota di Eropa, pusat kota Subotica tidak didominasi oleh katedral atau gereja, tetapi oleh balai kota.

Dengan arsitektur Art Nouveau Hungaria, Subotica City Hall telah menjadi landmark dan simbol Subotica. Kawasan ini dibangun antara tahun 1908 dan 1910 dengan luas hampir 6000 m².

16. Raichle Palace

Raichle Palace
Raichle Palace

Ada satu lagi destinasi wisata Serbia di Subotica yang menarik perhatian, yaitu Raichle Palace. Rumah bagi Museum Seni Modern Subotica ini memiliki arsitektur dengan motif Arab yang berdampingan dengan metode regional yang lebih tradisional. Sangat unik!

Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Serbia yang wajib kamu kunjungi. Namun, rekomendasi di atas adalah wisata Serbia yang paling populer. Berminat liburan ke Serbia? Yuk ikut jalan-jalan ke Serbia bersama AntaVaya. Hubungi WhatsApp 0817328838 untuk info lebih lanjut.

Paket Tour Serbia

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!