Internasional Smart Recommendation

15 Kegiatan yang Wajib Dicoba Saat Liburan Winter di Swiss10 min read

4 November 2021

author:

15 Kegiatan yang Wajib Dicoba Saat Liburan Winter di Swiss10 min read

Swiss memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya saat winter. Tak hanya menikmati pemandangan gunung bersalju, ada sejuta pengalaman seru lainnya yang menunggu kamu di sana. Intip yuk kegiatan apa saja yang dapat kamu coba saat liburan winter Swiss bareng AntaVaya.

1. Naik Bernina Express Saat Liburan Winter Swiss

Naik Bernina Express Sambil Mengagumi Indahnya Winter di Swiss
Naik Bernina Express

Naik panaromic train adalah kegiatan yang wajib kamu coba saat liburan winter Swiss. Ada beberapa jenis kereta yang bisa kamu naiki, salah satunya adalah Bernina Express.

Bernina Express melewati jalur naik dan turun Pegunungan Alpen dari Tirano (Italia) dan berakhir di Chur (Swiss) atau sebaliknya dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Kereta ini hanya berangkat 3x dalam sehari.

Hal yang membedakan Bernina Express dengan kereta biasa adalah jendelanya yang besar. Jalannya pun tidak terlalu cepat, jadi kamu bisa puas melihat pemandangan.

Bukan hanya desa cantik, sepanjang jalan kamu dapat menikmati pemandangan pegunungan, lembah, tebing, danau sebening kristal, hingga gletser. Pokoknya gak salah kalau Bernina Train disebut sebagai jalur kereta api terindah di dunia!

Satu lagi yang istimewa dari Bernina Express adalah kamu akan melintasi jalur Landwasser Viaduct, yaitu jembatan kereta api single track super tinggi yang merupakan Warisan Dunia UNESCO. Kamu juga akan melewati sekitar 55 terowongan dan 196 jembatan.

Paket Bernina Express

2. Glacier Express, Serunya Naik Kereta Panorama di Swiss

Glacier Express, Serunya Naik Kereta Panorama di Swiss
Glacier Express

Selain Bernina Express, kamu juga bisa naik Glacier Express bersama AntaVaya. Bedanya dengan Bernina Express, Glacier Express menawarkan perjalanan super indah dari Engadine ke Matterhorn dengan titik awal St. Moritz dan tujuan akhir Zermatt.

Jendela keretanya yang super besar dan telah didesain sedemikian rupa dijamin bikin kamu puas memandangi panorama liburan winter Swiss tanpa terhalang apa pun.

Selama perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan Matterhorn Glacier Paradise dan Rhine Gorge atau “Grand Canyon” milik Swiss. Kereta ini juga dilengkapi dengan fasilitas hiburan, bar eksklusif, pelayan, serta private guide dalam Excellence Class.

Untuk naik kereta ini, kamu harus memesan maksimal 90 hari sebelum keberangkatan di situs resmi Rhaetian Railway. Nah, keuntungannya ikut travel Swiss AntaVaya, kamu hanya perlu duduk manis tanpa perlu repot booking ini itu. Praktis pokoknya!

Paket Glacier Express

3. Menginap di Zermatt, Kota Bebas Polusi

Menginap di Zermatt, Kota Bebas Polusi
Zermatt, Kota Bebas Polusi

Mungkin kamu sudah pernah mendengar kota kecil yang sangat cantik di Swiss ini. Zermatt merupakan destinasi winter Swiss favorit keluarga karena kota yang ini sangat tenang dan jauh dari keramaian.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Matterhorn membuat pemandangan sekitarnya sangat memesona. Di kota ini kamu bisa mengunjungi kafe-kafe lucu, naik cable car mengelilingi kota, hingga bermain ski!

Suasana Zermatt di kala senja juga tidak boleh dilewatkan. Menjelang malam, kota ini semakin memukau dengan cahaya lampu yang berpijar dari rumah-rumah dan penginapan yang ada. Dan menginap di Zermatt, adalah salah satu cara ternyaman untuk menikmati liburan winter Swiss.

4. Naik Cable Car ke Gunung Matterhorn

Naik cable Car ke Gunung Matterhorn
Cable Car Gunung Matterhorn

Tahu merek cokelat terkenal dari Swiss dengan gambar gunung di bungkusnya? Itulah Gunung Matterhorn yang terkenal dengan keindahannya.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  10 Rekomendasi Pantai Tersembunyi di Bali dengan Pemandangan Paling Spektakuler

Gunung ini dapat dijangkau wisatawan, bahkan bagi yang belum pernah mendaki sebelumnya. Sebab, Gunung Matterhorn memiliki transportasi publik berupa kereta gantung atau cable car.

Sepanjang perjalanan naik cable car selama sembilan menit, kamu akan disuguhi pemandangan gunung dan area sekitarnya yang luar biasa mengagumkan.

5. Wisata ke Puncak Jungfraujoch

Wisata ke Puncak Jungfraujoch
Puncak Jungfraujoch

Sudah tahu kan kalau Swiss terkenal memiliki sejumlah pegunungan dengan pemandangan yang bikin jatuh hati. Salah satu yang wajib kamu kunjungi saat liburan winter di Swiss adalah Puncak Jungfraujoch dengan ketinggian 4.158 mdpl.

Kamu tak perlu berjalan kaki atau mendaki untuk mencapai puncak karena ada gondola dan kereta yang bisa kamu naiki. Wisatawan akan memulai perjalanan dari stasiun kereta api Interlaken di Kota Interlaken. Kemudian, melintasi Stasiun Zweilutschinen sebelum tiba di Desa Grindelwald.

Sepanjang perjalanan, kamu akan dihibur pemandangan liburan winter Swiss yang tak ternilai indahnya. Puncak Jungfraujoch yang dilapisi salju pun menjadi kesempatan terbaik untuk kamu bermain bola salju.

Sebenarnya masih banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Puncak Jungfraujoch, seperti balapan ski di Lauberhorn yang berada di antara Wengen dan Grindelwald atau sekadar menikmati pemandangan di Sphinx Observation Deck.

Sungguh pilihan tepat deh mengunjungi Swiss, salah satu negara yang sudah buka tanpa karantina.

6. Rhine Falls, Air Terjun Terbesar di Eropa Barat

Rhine Falls, Air Terjun Terbesar di Eropa Barat
Rhine Falls

Rhine Falls atau Air Terjun Rhein adalah air terjun terbesar di Eropa. Air terjun di Swiss ini berada di Rhein, perbatasan antara Schaffhausen dan Zurich.

Keindahannya membuat Rhine Falls menjadi tujuan wisata populer di Swiss. Panjangnya sekitar 23 meter dengan lebar 150 meter. Hal yang membuatnya semakin menarik adalah alirannya yang sangat deras, berkisar antara 250 sampai 600 persegi per detik.

Wisatawan dapat melihat Air Terjun Rhein lebih dekat menggunakan lift berlapis kaca yang menuju sisi air terjun. Dari dekat, kamu bisa merasakan sejuknya terpaan air sambil menyaksikan pemandangan spektakuler.

7. Menyebrangi Panorama Bridge Sigriswil

Menyebrangi Panorama Bridge Sigriswil
Panorama Bridge Sigriswil

Sudah nonton drama Korea Crash Landing on You? Pasti tak asing dengan Panorama Bridge Sigriswil yang menjadi salah satu lokasi syuting drama ini.

Jembatan gantung dengan panjang 340 meter dan tinggi 180 meter dari permukaan tanah ini sangat indah karena menawarkan pemandangan Danau Thun dan latar belakang Bernese Alps.

Buat kamu yang takut ketinggian, menyebarangi jembatan ini akan sedikit memacu adrenalin. Namun, sangat worth it karena pemandangan di sini bisa membuatmu terkagum-kagum.

Paket Tour Sigriswil

8. Explore Wisata Populer di Zurich

 Explore Wisata Populer di Zurich
Explore Zurich

Mengunjungi Zurich saat liburan musim dingin adalah pilihan tepat. Kota terbesar di Swiss ini memiliki berbagai destinasi yang terlihat semakin menarik saat winter.

Salah satu kegiatan yang paling direkomendasikan selama berada di Danau Zurich adalah menyewa kapal untuk mengelilinginya. Sekadar berjalan kaki sambil menikmati keindahan danau ini pun tetap menyenangkan. Tempat yang pas untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Ini Dia 10 Destinasi Wisata Winter Terbaik di Eropa untuk Keluarga

Tak lupa kita juga akan mengunjungi Kota Tua (Altstadt). Di sini kamu dapat menikmati kokohnya bangunan-bangunan tua bersejarah yang megah dan telah berdiri selama ratusan tahun. Suasana kota tua ini sangat tenang, nyaman, dan bersih. Bikin betah!

Kemudian kamu juga akan diajak mengunjungi Grossmunster Church, Fraumunster Church, City Hall, hingga menikmati acara bebas sambil belanja di Bahnhoffstrasse.

9. Mengagumi Keindahan Desa Iseltwald

Mengagumi Keindahan Desa Iseltwald
Keindahan Desa Iseltwald

Satu lagi lokasi syuting Crash Landing on You yang akan kita kunjungi, yaitu Desa Iseltwald. Desa kecil di Swiss ini hanya memiliki sedikit penduduk.

Pemandangannya begitu amazing karena terletak di pinggir Danau Brienz yang sangat indah. Di sini pun terdapat kastil yang menjadi ikon terkenal Iseltwald dan wajib kamu kunjungi.

Di Iseltwald pun terdapat sejumlah kafe dan vila sewaan yang terletak di tepi danau. Selama wisata di Desa Iseltwald, kamu juga akan disuguhkan panorama Pegunungan Alpen yang menenangkan hati.

10. Jalan-Jalan di Ibu Kota Swiss, Bern

Jalan-Jalan di Ibu Kota Swiss, Bern
Jalan-Jalan di Ibu Kota Swiss, Bern

Berbeda dengan ibu kota pada umumnya yang terlihat modern dengan gedung bertingkat, ibu kota Swiss memiliki suasana abad pertengahan. Kawasan kota tua di Bern sangat terawat dengan baik dan menyatu dalam kehidupan sehari-hari warganya.

Hal ini juga yang membuat kota wisata terpopuler di Eropa ini dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1983. Pemandangan di Bern pun sangat indah karena dikelilingi oleh Sungai Aare.

Bern pun terkenal dengan julukan “The City of Fountains” karena banyaknya air mancur yang berdiri sejak abad ke-16. Uniknya, setiap air mancur di kota Bern memiliki patung yang berbeda. Salah satu air mancur terkenal yang ada di Bern adalah Air Mancur Pfeiferbrunnen.

11. Mengunjungi Geneva yang Memesona

Mengunjungi Geneva yang Memesona
Geneva yang Memesona

Geneva atau Jenewa adalah kota terpadat kedua di Swiss. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona. Kota wisata di Swiss ini berada di perbatasan Swiss dan Prancis.

Geneva semakin istimewa karena terdapat Danau Geneva atau dalam bahasa Prancis-nya bernama Lac Léman. Salah satu danau terindah di Swiss ini memiliki luas 582 km² dan terbentuk dari lelehan gletser pegunungan Alpen. Pemandangannya semakin indah saat liburan winter Swiss tiba.

Geneva pun terkenal dengan Jet d’Eau, yaitu air mancur yang terletak di tepi Danau Geneva dan sudah ada sejak tahun 1952. Air mancur ini bahkan menjadi landmark populer bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Geneva karena memantulkan cahaya yang indah.

Geneva pun merupakan markas Perserikatan Bangsa-Bangsa di Eropa.

12. Terkesima dengan Pemandangan Grindelwald First

Terkesima dengan Pemandangan Grindelwald First
Grindelwald First

Satu lagi pegunungan terindah yang dapat kamu kunjungi saat liburan winter Swiss bareng AntaVaya, yakni Grindelwald. Pesonanya tak perlu diragukan lagi. Gunung ini juga merupakan destinasi favorit karena ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan.

Aktivitas yang patut dicoba di Grindelwald misalnya bermain ski, menyantap makan siang di restoran yang terletak di puncak gunung, hingga naik jembatan setinggi 2.166 m bernama Grindelwald First.

First Cliff Walk adalah jembatan yang mengelilingi pegunungan Grindelwald. Nama “First” sendiri diambil dari salah satu puncak di pegunungan Grindelwald.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Panduan Itinerary: Paket Liburan Turki 10 Hari Keliling 9 Kota

Jembatan ini memiliki alas dari logam dan terdapat bagian menjorok ke depan sepanjang 45 m yang berfungsi untuk melihat pemandangan dengan lebih jelas.

Memang sedikit menakutkan, namun dari sini kamu akan disuguhkan pemandangan gunung, danau, air terjun, hingga lembah berbatu yang indahnya seperti lukisan.

Paket Grindelwald First

13. Mengunjungi Lucerne, Kota Seindah Negeri Dongeng

Mengunjungi Lucerne, Kota Seindah Negeri Dongeng
Lucerne, Kota Seindah Negeri Dongeng

Luzern atau Lucerne adalah kota kecil di kaki Gunung Pilatus. Kota ini dikenal sebagai pintu masuk menuju pusat negara Swiss. Pemandangan di sini sangat indah layaknya negeri dongeng dengan panorama gunung, danau, dan bangunan tua bergaya Medieval.

Kota ini berpusat di sekitar Danau Luzern dan Sungai Reuss. Saat hari cerah, AntaVaya Fellas bahkan bisa menikmati keindahan Gunung pilatus dari tepi Danau Luzern. Wah, kebayang enggak tuh indahnya kayak apa?

Setiap Sabtu pagi, kamu pun dapat menyelusuri pasar tradisional yang digelar di sepanjang Sungai Reuss. Sungai jernih ini letaknya di sebelah kiri Danau Luzern. Di pasar ini kamu dapat melihat-lihat barang antik hingga bunga cantik aneka warna.

Satu lagi ikon pariwisata Lucerne yang akan kita kunjungi, yaitu Kapelbrucke atau Chapel Bridge. Jembatan kayu ini sudah ada sejak abad ke-14 lho. Meski begitu, sampai hari ini Chapel Bridge tetap berdiri kokoh sebagai akses penyebrangan di Sungai Reuss.

Pemandangan dari Chapel Bridge sangatlah indah. Di sini pengunjung dapat melihat sejarah kota Luzern yang terlukis di langit-langit jembatan.

14. Mampir ke St Moritz, Wisata Favorit Kaum Jetset Dunia

Mampir ke St Moritz, Wisata Favorit Kaum Jetset Dunia
St Moritz, Wisata Kaum Jetset Dunia

Satu lagi kegiatan seru yang tak boleh dilewatkan saat liburan winter di Swiss adalah mampir ke St Moritz. “Top of The World”, itulah julukan yang disematkan untuk kota ini.

Bukan hanya karena St Moritz merupakan salah satu kota tertinggi di Eropa, tapi juga karena menjadi destinasi wisata paling populer untuk kalangan jetset dunia. FYI, kota ini berada di ketinggian 1,856 mdpl.

Destinasi musim dingin Swiss ini memang bukan kota tujuan wisata biasa. St Moritz bahkan pernah dua kali terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin.

St Moritz identik dengan nuansa elegan, penuh gengsi, dan berkelas. Sebuah destinasi sempurna untuk para pencinta gaya hidup glamor.

15. Lugano, Permata Tersembunyi di Swiss

Lugano, Permata Tersembunyi di Swiss
Lugano, Permata Tersembunyi di Swiss

Liburan winter ke Swiss jangan lupa kunjungi juga kota Lugano. Kota ini salah satu kota terindah di Swiss dengan pemandangan Danau Lugano yang memesona.

Ada beberapa destinasi menarik di Lugano yang bisa kamu kunjungi, seperti Cathedral of San Lorenzo, Church of San Rocco, dan Town Hall. Sekadar menikmati panorama Danau Lugano yang memiliki gradasi warna indah juga sudah cukup menyejukkan hati.

Bagaimana, banyak sekali kan kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat liburan winter di Swiss. Tertarik mengunjungi Swiss bersama AntaVaya? Yuk pesan paket tour Swiss dengan menghubungi WhatsApp 0817328838.

Paket Tour Swiss

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!