Smart Guide

28 Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand yang Wajib Dibeli10 min read

17 November 2021

author:

28 Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand yang Wajib Dibeli10 min read

Ada banyak oleh-oleh khas Bangkok yang bisa kamu beli setelah liburan di Thailand. Bangkok, Thailand memang dikenal sebagai destinasi wisata belanja murah dan populer di Asia Tenggara.

Intip yuk 28 rekomendasi oleh-oleh dan suvenir menarik dan murah khas Bangkok Thailand berikut ini.

Oleh-Oleh Makanan dan Snack Khas Bangkok, Thailand

1. MAMA Tom Yum, Merek Mi Instan Favorit di Thailand

MAMA Tom Yum Oleh-Oleh Khas Bangkok - Sumber Instagram osyaberiheya
MAMA Tom Yum – Sumber: Instagram osyaberiheya

MAMA Tom Yum adalah oleh-oleh khas Bangkok Thailand yang wajib kamu bawa pulang sebagai suvenir. Jika di Indonesia merek mi instan yang paling populer adalah Indomie, di Thailand mi instan merek MAMA adalah yang paling disukai.

Varian mi instan yang paling diminati turis biasanya adalah rasa Tom Yum. Kemasan mi instan MAMA cukup kecil sehingga praktis untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bangkok, Thailand.

Jangan lupa baca juga panduan liburan ke Bangkok untuk pertama kali.

2. Pad Thai Instan yang Mudah Dibuat

Oleh-Oleh Snack Pad Thai Instan - Sumber anakmieinstan
Pad Thai Instan – Sumber: anakmieinstan

Tak hanya mi instan MAMA, makanan lokal Thailand pad thai juga sering dibeli sebagai oleh-oleh khas Bangkok. Buat yang belum tahu, Pad thai adalah instan rice noodle. Makanan ini dapat dibeli di restoran, supermarket, maupun toko pinggir jalan.

Cara membuat oleh-oleh khas Thailand ini juga sangat mudah. Tinggal ditambah air panas dan bisa langsung dinikmati. Apalagi di dalam kemasannya tersedia garpu plastik yang memudahkanmu menyantap pad thai di mana saja.

3. Bento Squid Seafood Snack, Pedasnya Nagih!

Bento Squid Seafood Snack Thailand - Sumber Instagram bambiollashop
Bento Squid Seafood – Sumber: Instagram bambiollashop

Cumi-cumi bento merupakan snack populer di Thailand dengan rasa pedas yang bikin ketagihan. Baunya cukup tajam, jadi jangan kaget ya saat membuka kemasan Bento Squid Seafood Snack ini tercium aroma yang cukup kuat.

4. Kacang Koh-Kae Khas Thailand

Kacang Koh-Kae Khas Thailand - Sumber Instagram kohkaethailand
Kacang Koh-Kae – Sumber: Instagram kohkaethailand

Setiap negara punya camilan khasnya masing-masing. Sehabis liburan di Bangkok, jangan lupa beli kacang Koh-Kae khas Thailand ya. Kacang ini merupakan camilan ikonik di Thailand dengan beragam rasa, seperti krim kelapa, BBQ, dll.

5. Keripik Durian untuk Pencinta Durian

Oleh-Oleh Keripik Durian Khas Thailand - Sumber Instagram deliciousimportfood
Keripik Durian Khas Thailand – Sumber: Instagram deliciousimportfood

Sudah pernah makan keripik durian? Keripik durian Thailand sangat cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh, terutama untuk keluarga atau kenalan yang suka durian. Kamu bisa membelinya di minimarket atau toko oleh-oleh dengan harga sekitar 65-100 Baht (Rp30.000-Rp45.000).

6. Permen Susu Royal Chitralada yang Manis

Permen Susu Royal Chitralada - Sumber Instagram drpaulforonda
Permen Susu Royal Chitralada – Sumber: Instagram drpaulforonda

Bokek karena kalap belanja di Bangkok? Tenang, kamu masih bisa kok kasih oleh-oleh snack khas Thailand untuk banyak orang dengan membeli permen susu Royal Chitralada. Buah tangan dari Bangkok ini tersedia dalam dua rasa, yaitu cokelat dan susu original.

7. Thai Tea Instan yang Segar

Thai Tea Instan - Sumber Instagram bykanina_
Thai Tea Instan – Sumber Instagram bykanina_

Thai tea sudah menjadi salah satu minuman paling populer di Indonesia. Makanya, jangan lupa beli oleh-oleh teh susu thai instan saat ingin pulang ke Indonesia. Dijamin segar, apalagi jika dinikmati saat cuaca panas.

Salah satu merek thai tea instan paling populer di Thailand adalah Nestea. Minuman ini sudah dinyatakan halal, jadi kamu tak perlu khawatir.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  10 Destinasi Paling Instagramable di Tokyo Jepang untuk Foto Hits ala Selebgram

Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Bangkok Thailand ini di minimarket terdekat atau di tempat khusus oleh-oleh. Harganya sekitar 99 Baht atau sekitar Rp44.000 dengan isi 12 bungkus.

Paket Tour Thailand

8. Manisan Buah Thailand

Manisan Buah Thailand - Sumber Instagram bed_cover_unique
Manisan Buah Thailand – Sumber: Instagram bed_cover_unique

Selain keripik durian, jangan lupa beli juga manisan Thailand sebagai oleh-oleh. Bahan dasar manisan buah adalah buah-buahan organik.

Ada dua jenis manisan Thailand, yaitu manisan kering dan acar. Harganya sekitar 45-100 Baht (Rp20.000-Rp45.000). Oleh-oleh khas Thailand ini bisa kamu beli di Chatuchak Weekend Market, Platinum Fashion Mall, atau pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Thailand.

Intip juga panduan itinerary 4D3N Bangkok biar liburan kamu lebih seru.

9. Beras Melati Khas Thailand

Oleh-Oleh Beras Melati Khas Thailand - Sumber Instagram farmyaiyim
Beras Melati Khas Thailand – Sumber: Instagram farmyaiyim

Jika dibandingkan jenis beras lain, beras melati khas Thailand memiliki tekstur yang lebih lengket karena mengandung amilopektin yang cukup tinggi. Sudah pernah coba belum?

Bulirnya lebih panjang dan memiliki aroma melati dan pandan yang sangat khas. Beras ini bahkan dinobatkan sebagai salah satu beras terwangi di seluruh dunia. Jadi, jangan lupa membeli beras melati ketika liburan di Thailand, ya.

10. Taro, Camilan Unik Thailand Berbahan Dasar Ikan

Taro – Sumber Instagram makmakvn

Taro di Thailand berbeda dengan merek Taro di Indonesia. Camilan khas Thailand ini berbahan dasar ikan dan bernutrisi tinggi. Rasanya juga enak dan tidak lengket di tangan saat dimakan. Jika ingin lebih renyah, kamu bisa memanaskannya terlebih dahulu di microwave.

11. Thai Spices untuk Oleh-Oleh dari Thailand

Thai Spices Khas Thailand
Thai Spices

Masakan Thailand terkenal dengan rasanya yang pedas dan bumbu yang diasinkan bersama saus aromatik. Kalau kamu punya teman atau keluarga yang suka masak, rempah-rempah Thailand merupakan hadiah yang tepat.

Oleh-Oleh Barang Khas Bangkok Thailand yang Wajib Dibeli

12. Kaos Thailand, Oleh-Oleh Wajib Saat Liburan di Bangkok

Kaos Oleh-Oleh dari Thailand - Sumber Instagram muslimahstyle_sidoarjo
Oleh-Oleh Kaos Thailand – Sumber: Instagram muslimahstyle_sidoarjo

Kalau jalan-jalan ke luar negeri, kaos bertuliskan nama negara atau daerah yang kamu kunjungi wajib banget dibeli. Di Bangkok kamu bisa membeli oleh-oleh kaos bertuliskan “I Love Thailand” atau “I Love Bangkok”. Bisa juga membeli kaos khas Thailand dengan gambar gajah.

Kaos Thailand umumnya terbuat dari cotton combed 20s/30s dengan berbagai motif dan ukuran. Ada yang untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Kaos untuk oleh-oleh ini bisa dibeli di pusat perbelanjaan seperti Platinum Fashion Mall atau Pratunam Market. Kaos untuk anak-anak harganya sekitar 80 Baht (Rp36.000) dan untuk orang dewasa 110 Baht (Rp48.000).

13. Celana Muay Thai Khas Thailand

Celana Muay Thai dari Thailand - Sumber Instagram kaos_ufc_murah
Celana Muay Thai – Sumber: Instagram kaos_ufc_murah

Celana boxing atau Celana Muay Thai juga bisa dijadikan oleh-oleh wajib dari Thailand. Celana ini sangat nyaman digunakan untuk sehari-hari atau untuk latihan Muay Thai.

Motifnya yang ramai benar-benar mengingatkan kita dengan Thailand. Harganya sekitar 300 Baht atau sekitar Rp130 ribu. Kamu bisa membelinya di Platinum Fashion Mall, MBK, atau Chatuchak Market.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Itinerary Liburan ke Bangkok Thailand 4 Hari 3 Malam, Seru Banget!

14. Tas Gajah Khas Thailand

Tas Gajah ala Thailand - Sumber: Instagram galericifa_by.paulina
Tas Gajah ala Thailand – Sumber: Instagram galericifa_by.paulina

Oleh-oleh dari Bangkok Thailand lainnya adalah tas bergambar gajah. Harganya sekitar 100 Baht atau Rp45 ribu. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di Chatuchak Market.

Paket Tour Thailand

15. Gantungan Kunci, Suvenir Murah Thailand

Gantungan Kunci, Suvenir Murah Thailand - Sumber Instagram lilykittyshop
Gantungan Kunci Thailand – Sumber: Instagram lilykittyshop

Cari oleh-oleh barang khas Bangkok dengan harga terjangkau? Beli saja suvenir murah khas Thailand seperti gantungan kunci. Oleh-oleh gantungan kunci ini dijual dalam berbagai bentuk, namun yang paling populer adalah gajah, Grand Palace, dan Wat Arun.

Harga gantungan kunci khas Thailand cukup bervariasi. Semakin rumit bentuknya, harganya pun semakin mahal. Kalau borong banyak, kamu bisa mendapatkan harga lebih hemat.

16. Magnet Thailand, Alternatif Suvenir Murah Bangkok

Oleh-Oleh Magnet Bangkok - Sumber Instagram patung_house
Magnet Bangkok – Sumber: Instagram patung_house

Magnet adalah alternatif oleh-oleh murah Bangkok Thailand. Magnet biasanya dijual dalam bentuk atau ikon khas Thailand, seperti gajah atau tempat wisata favorit Thailand. Suvenir yang satu ini juga bisa ditawar jika kamu membeli dalam jumlah banyak.

17. Miniatur Tuk Tuk, Transportasi Umum diThailand

Miniatur Tuk Tuk - Sumber Instagram disneystudiosid
Miniatur Tuk Tuk – Sumber: Instagram disneystudiosid

Tuk tuk adalah transportasi umum khas Thailand yang biasa digunakan wisatawan untuk menjelajahi kota. Bentuknya mirip bajaj karena sama-sama memiliki 3 roda, namun ukurannya lebih besar. Miniatur tuk tuk sangat mudah ditemukan, dengan bermacam ukuran dan warna. Bisa banget dijadikan pajangan dan kenang-kenangan bahwa kamu pernah ke Thailand.

18. Miniatur Patung Gajah Khas Thailand

Miniatur Patung Gajah Khas Thailand - Sumber Instagram inmyplace.btq
Miniatur Patung Gajah Thailand – Sumber: Instagram inmyplace.btq

Selain miniatur tuk tuk, miniatur patung gajah juga sering dibeli sebagai oleh-oleh. FYI, gajah merupakan hewan yang dikeramatkan oleh masyarakat Thailand.

Spesies gajah berkulit putih umumnya menandakan bahwa gajah tersebut merupakan milik kerajaan. Biasanya, miniatur patung gajah Thailand dijual di dalam kotak.

19. Porselen Benjarong, Pajangan Keramik Khas Thailand

Porselen Benjarong Thai - Sumber Instagram thailand_jp
Porselen Benjarong Thai – Sumber: Instagram thailand_jp

Kalau kamu suka mengoleksi barang-barang keramik, porselen benjarong wajib kamu beli sebagai suvenir dan oleh-oleh murah Bangkok Thailand. Dulu porselen benjarong hanya digunakan di rumah keluarga kerajaan dan kalangan elit, namun kini bisa digunakan siapa saja.

Setiap porselen benjarong biasanya memiliki 3-8 warna sehingga terlihat cantik dan meriah. Bentuknya bisa berupa piring, gelas, tatakan gelas, vas bunga, dll.

20. Kain Sutra Thailand yang Lembut

Kain Sutra Thailand untuk Oleh-Oleh - Sumber Instagram whanpavarisa
Kain Sutra Thailand – Sumber: Instagram whanpavarisa

Salah satu daftar suvenir khas Thailand yang jadi incaran wisatawan adalah kain sutra. Kain sutra Thailand memiliki corak dan warna yang cerah. Selain kain, kamu juga bisa membeli produk berbahan dasar sutra seperti kemeja, dompet, jaket, syal, selendang, hingga piyama.

Rekomendasi tempat untuk membeli kain sutra Thailand yang paling bagus dan dijamin asli adalah Chatuchak Market, Jim Thompson House, Amarin Plaza, dan Mahboonkrong Mall. Per meter kain sutra Thailand dihargai 300 Baht atau sekitar Ro135 ribu.

21. Sabun Beras dari Thailand

Sabun Beras dari Thailand - Sumber Instagram mylittlestock
Sabun Beras dari Thailand – Sumber: Instagram mylittlestock

Selain surganya belanja pakaian dan kain, Thailand juga terkenal dengan berbagai produk kecantikan. Salah satu produk kecantikan Thailand yang bisa kamu beli sebagai suvenir adalah sabun beras.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Ini Dia 10 Tempat Wisata Alam Terbaik dan Terindah di Amerika Serikat

Sabun ini terbuat dari campuran beras dan susu. Baunya sangat harum dan memiliki banyak khasiat, seperti membuat kulit menjadi halus dan cerah.

22. Hiasan Sabun Thai yang Cantik

Hiasan Sabun Thai - Sumber: Flickr Chris Davey
Hiasan Sabun Thai – Sumber: Flickr Chris Davey

Siapa sih yang menyangka kalau dekorasi cantik ini adalah sabun? Suvenir Thailand ini memang diukir dari sabun dan digunakan untuk cuci tangan. Kalau enggak tega memakainya, kamu bisa membelinya untuk pajangan dan pewangi ruangan.

23. Pajangan Dinding Payet ala Thailand

Pajangan Dinding Payet Suvenir Thailand
Pajangan Dinding Payet Suvenir Thailand

Di Thailand, payet tak hanya digunakan pada pakaian, tapi juga dijadikan bahan dasar pajangan dinding. Pajangan dinding berpayet ini memiliki bermacam motif, tapi yang paling disukai adalah bentuk gajah putih yang merupakan ikon khas Thailand.

Supaya awet, kamu bisa memajang suvenir ini dalam pigura.

24. Lingerie Disaya Kualitas Premium

Lingerie Disaya - Sumber instagram boudoirbydisaya
Lingerie Disaya – Sumber: instagram boudoirbydisaya

Thailand memiliki seorang desainer ternama yang mendunia bernama Disaya. Pada awal kariernya, Disaya menciptakan lingerie berlabel “Boudoir by Disaya” dengan bahan berkualitas premium.

Lingerie Disaya bahkan pernah dipakai selebriti dunia, seperti Jennifer Lopez. Meskipun cukup mahal, kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh eksklusif khas Thailand untuk orang tercinta.

25. Thai Coconut Oil

Thai Coconut Oil
Thai Coconut Oil

Thai Coconut Oil adalah suvenir serbaguna, mulai dari melembabkan wajah, melembutkan rambut hingga perawatan tangan dan kaki. Suvenir ini bisa kamu temukan di mana saja. Mereknya pun banyak, mulai dari brand besar hingga brand lokal.

Minyak kelapa akan terlihat transparan saat kamu berada di suhu ruang Thailand yang panas. Namun saat suhu turun di bawah 25°C, tekstur produk akan menjadi putih dan kental.

Suvenir dan Oleh-Oleh Obat-obatan Khas Thailand

26. Balsem Herbal Thailand

Balsem Herbal Thailand - Sumber Instagram shopatmutch
Balsem Herbal Thailand – Sumber: Instagram shopatmutch

Ya, kamu tidak salah baca. Balsem herbal merupakan salah satu rekomendasi oleh-oleh murah khas Bangkok Thailand yang wajib kamu beli. Balsem dari Thailand terbuat dari bahan alami dan berbagai komponen tumbuhan ramah lingkungan. Balsem ini digunakan untuk mengobati berbagai masalah otot dan sendi. Suvenir unik ini sangat cocok untuk kamu berikan pada orang tua.

27. Obat Anti-Batuk Takabb

Obat Anti-Batuk Takabb - Sumber Instagram love_pattaya
Obat Anti-Batuk Takabb – Sumber: Instagram love_pattaya

Selain balsem, suvenir obat-obatan dari Thailand yang wajib kamu beli adalah obat anti-batuk Takabb. Obat batuk lokal ini terkenal sangat manjur. Tak ada salahnya membeli untuk membuktikan khasiatnya!

28. Siang Pure Oil

Siang Pure Oil - Sumber Instagram be_benhurrific
Siang Pure Oil – Sumber: Instagram be_benhurrific

Siang Pure Oil terkenal sebagai minyak ajaib yang bisa digunakan untuk gigitan nyamuk, sakit nyeri otot, sakit kepala, hidung mampet, dan sakit perut. Siang pure oil juga terkenal bisa menyembuhkan dalam waktu singkat.

Itulah suvenir dan oleh-oleh khas Bangkok, Thailand yang wajib kamu beli. Supaya liburan kamu lebih seru dan aman, ikut paket tour Thailand di AntaVaya saja. The SMART way to travel!

Paket Tour Thailand

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!