Internasional Smart Recommendation

21 Tempat Wisata di Swiss Terpopuler, Indahnya Bagai Negeri Dongeng9 min read

9 December 2021

author:

21 Tempat Wisata di Swiss Terpopuler, Indahnya Bagai Negeri Dongeng9 min read

Tempat wisata di Swiss adalah salah satu destinasi liburan paling populer di Eropa. Negara ini memiliki bentang alam yang sangat cantik dan memukau. Tidak heran karena sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen.

Buat kamu yang mau liburan atau ikut paket tour ke Swiss, berikut adalah 21 rekomendasi tempat wisata paling populer dan paling indah di Swiss yang wajib kamu kunjungi.

1. Jungfraujoch, The Top of Europe

Jungfraujoch, The Top of Europe
Jungfraujoch, The Top of Europe – Tempat Wisata di Swiss

Tempat wisata di Swiss paling populer pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Jungfraujoch. Destinasi ini sangat terkenal karena merupakan salah satu tempat terindah untuk menikmati pemandangan Pegunungan Alpen.

Jungfraujoch terletak di ketinggian 3.454 mdpl. Destinasi winter ini sendiri berupa cekungan dataran salju abadi Alpen yang diapit dua puncak gunung, yakni puncak Jungfrau dengan tinggi 4.158 mdpl dan Moench setinggi 4.170 mdpl.

Banyak aktivitas musim dingin di Swiss yang bisa kamu lakukan di Jungfraujoch, seperti mendaki, bermain salju, bermain ski, makan di restoran puncak gunung dengan pemandangan amazing, hingga snowboarding.

Untuk menuju ke sini, wisatawan tak perlu repot mendaki karena kamu dapat menggunakan kereta listrik yang dinamakan Jungfraubahn. Letak stasiunnya yang sangat tinggi ini membuat Jungfraujoch dikenal dengan sebutan “Top of Europe”.

2. Air Terjun Rhine

Air Terjun Rhine - Tempat Wisata di Swiss
Air Terjun Rhine Swiss

Rhine Falls atau Air Terjun Rhine adalah tempat wisata di Swiss yang banyak dikunjungi wisatawan. Air terjun terbesar di Eropa ini memiliki ketinggian 23 meter dengan lebar 150 meter.

Air terjun ini terletak di perbatasan Kota Schaffhausen dan Zurich di bagian utara swiss. Daya tarik Rhine Falls adalah kesempatan melihat air terjun dari dekat di dek observasi yang bisa dijangkau dengan lift.

Jika tertarik liburan ke Rhine Falls, kamu bisa ikut paket tour “10D Wonderful Swiss + Zermatt & Bernina Express” di AntaVaya.

Paket Tour Rhine Falls

3. Gunung Pilatus

Gunung Pilatus - Tempat Wisata di Swiss
Gunung Pilatus

Citra Swiss memang sangat lekat dengan Pegunungan Alpen. Memilih destinasi gunung yang dikunjungi di Swiss pun menjadi pilihan berat karena semuanya memiliki daya tarik masing-masing. Tapi, cobalah mengunjungi Gunung Pilatus yang menawarkan pemandangan berupa 73 puncak Alpen.

Gunung dengan ketinggian 2.128 mdpl ini memiliki puncak tertinggi bernama Tomlishorn. Untuk mencapai atas, kamu dapat menggunakan the Pilatus cogwheel railway (sejenis kereta gantung) yang cukup curam.

4. Danau Luzern atau Lake Lucerne

Danau Luzern - Tempat Wisata di Swiss
Danau Luzern Swiss

Danau Luzern atau Lake Lucerne merupakan danau terbesar keempat di Swiss. Danau ini memiliki luas sekitar 114 km² dengan kedalaman maksimum 214 meter.

Pemandangannya sangat indah dengan air yang jernih, angsa-angsa yang berenang, serta burung yang terbang bebas. Wisatawan pun bisa menikmati keindahan Danau Luzern dengan menaiki kapal.

5. Chapel Bridge, Lucerne

Chapel Bridge - Tempat Wisata di Swiss
Chapel Bridge, Lucerne

Chapel Bridge atau Jembatan Kapel adalah destinasi populer di Lucerne, Swiss. Jembatan yang terletak di pusat kota ini ternyata usianya sudah mencapai 650 tahun, lho. Meski terbuat dari kayu, Chapel Bridge masih berdiri kokoh dan sangat terawat.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Selain Jepang, Kamu Bisa Melihat Bunga Sakura Mekar di 13 Negara Ini!

Jembatan ini pun merupakan kebanggaan warga Swiss. Sisi dinding jembatan dengan panjang 205 meter ini pun dihiasi bunga warna-warni.

Belum lagi letaknya di tengah Danau Lucerne membuat pemandangan Jembatan Kapel semakin memesona. Di sekitarnya pun terdapat banyak angsa yang menambah kecantikannya.

6. Gunung Matterhorn

Gunung Matterhorn - Destinasi Swiss
Gunung Matterhorn Swiss

Gunung Matterhorn merupakan salah satu gunung yang paling banyak difoto di dunia. Gunung berbentuk piramida ini berada di ketinggian 4.478 meter. Destinasi populer di Swiss ini tidak jauh dari kota Zermatt.

Pemandangan dari atas sangatlah indah. Ditambah lagi pengunjung bisa mencoba naik kereta gantung yang menjadi stasiun kereta gantung tertinggi di Pegunungan Alpen. Kereta gantung ini memiliki rute sejauh 900 meter dengan ketinggian 170 meter.

7. Danau Thun atau Lake Thun

Danau Thun - Destinasi Swiss
Danau Thun

Jika kamu ingin tempat wisata di Swiss yang tenang dan indah, kunjungilah Danau Thun yang berada di kota Thun. Danau ini mencakup area seluas 48,3 km² dengan panjang 18 km dari Thun ke Interlaken.

Dengan latar belakang Pegunungan Alpen, kamu akan disuguhkan danau biru kehijauan yang berkilau. Di sekitar Danau Thun pun dipenuhi kastil dan vila.

8. Bern’s Old Town

Bern's Old Town - Destinasi Swiss
Bern’s Old Town

Bern’s Old Town telah menjadi situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1983. Kota ini memang sangat memukau dengan bangunan serta gang-gang kunonya yang menawan. Kota ini juga dijadikan contoh bagus untuk perencanaan kota yang jelas dan progresif.

Bern dibagi menjadi dua, yaitu bagian bawah dan bagian atas Kota Tua. Bagian yang biasa disebut Kota Tua terdiri dari area Matte hingga Zytglogge (Menara Jam). Sementara bagian atas Kota Tua terletak di antara Zytglogge (Menara Jam) dan Bollwerk-Hirschengraben.

9. Zermatt

Zermatt - Destinasi Swiss
Zermatt, Swiss

Mungkin kamu sudah sering mendengar kota kecil yang sangat cantik di Swiss ini. Zermatt sangat populer di kalangan turis karena destinasi ini sangat tenang dan jauh dari keramaian. Dari Zermatt kamu juga bisa melihat Gunung Matterhorn dengan jelas.

Lokasinya yang berada di tengah pegunungan membuat pemandangan sekitarnya sangat memesona. Di kota ini kamu bisa mengunjungi kafe-kafe, naik cable car mengelilingi kota, hingga bermain ski!

Suasana Zermatt di kala senja juga tidak boleh dilewatkan. Menjelang malam, kota ini akan semakin memukau dengan cahaya lampu yang berpijar dari rumah-rumah dan penginapan yang ada.

Paket Tour Zermatt

10. Danau Lugano atau Lake Lugano

Danau Lugano - Destinasi Swiss
Danau Lugano

Danau Lugano berada di perbatasan selatan Swiss dan utara Italia. Danau yang terletak di antara Danau Como dan Danau Maggiore ini sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Danau ini airnya cukup jernih dan berwarna hijau tua. Pemandangan di sekitarnya pun sangat indah, terlebih banyak kastil kuno, gereja, dan vila di antara aneka tanaman hijau yang lebat. Danau Lugano juga kaya berbagai jenis ikan, seperti ikan trout, belut, dan tench.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  30 Tempat Wisata Populer di Spanyol, Cantiknya Tiada Tara

11. St. Moritz

St Moritz - Destinasi Swiss
St Moritz

St. Moritz adalah destinasi terbaik untuk menikmati liburan winter Swiss bersama keluarga dari kaki Pegunungan Alpen. Kota ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin snowboarding, bermain ski, atau trekking.

Kamu bisa menginap di hotel maupun penginapan dengan pemandangan yang pastinya bikin jatuh hati. Saat pagi, jangan lupa sempatkan untuk memandangi indahnya matahari terbit di antara putihnya salju.

Setelah itu, kamu bisa jalan-jalan sambil mengunjungi toko yang menjual oleh-oleh atau mampir untuk menyesap minuman hangat di kafe atau bar.

12. Danau Zurich

Danau Zurich - Liburan Swiss
Danau Zurich

Dulu, Danau Zurich pernah menjadi jalur transportasi. Kini, destinasi di Swiss ini telah menjadi wisata populer untuk naik perahu atau piknik di tepi danau.

Pada musim panas, danau ini banyak dikunjungi wisatawan untuk berenang. Di sekitar Danau Zurich pun banyak wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti Alpamare di Pfäffikon, Pulau Ufenau, Pulau Lützelau, dan Baroque Church di Lachen.

13. Chillon Castle

Chillon Castle - Liburan Swiss
Chillon Castle

Chillon Castle atau Château de Chillon adalah kastil abad pertengahan yang terletak di sebuah pulau di Danau Jenewa, Montreux. Kastil dari abad ke-10 ini dulunya digunakan sebagai benteng air yang strategis. Lalu berubah menjadi rumah musim panas orang kaya bernama Counts of Savoy.

Kamar-kamar di kastil ini dihiasi berbagai macam karya seni yang dapat dinikmati wisatawan. Kamu juga bisa sekalian menikmati keindahan Danau Jenewa dari kastil ini.

14. Danau Jenewa atau Lake Geneva

Danau Jenewa - Liburan Swiss
Danau Jenewa

Danau Jenewa atau Lake Geneva adalah salah satu tempat wisata terindah di Swiss. Di lereng bukit sekitarnya terdapat banyak kebun anggur. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan di Danau Jenewa, mulai dari selancar angin, ski air, hingga naik perahu.

Bersantai sambil menikmati kejernihan danau terbesar di Swiss dari pinggir juga menyenangkan. Apalagi danau ini terkenal dengan air mancur yang disebut Jet d’Eau yang melambung tinggi hingga 140 meter.

15. Gunung Titlis

Gunung Titlis - Liburan Swiss
Gunung Titlis

Ingin menikmati pemandangan gunung bersalju tanpa harus naik gunung? Kunjungilah Gunung Titlis di Engelberg, Swiss. Untuk menuju ke atas, kamu bisa naik cable car.

Titlis berada di pegunungan Alpen dengan ketinggian sekitar 3.029 meter. Di sini kamu dapat melakukan berbagi macam ativitas musim dingin, mulai dari snow tubing, bermain salju, masuk ke gua es, menyebrangi jembatan gantung, hingga naik sepeda gunung.

16. Bernina Express

Bernina Express - Liburan Swiss
Bernina Express

Sebenarnya Bernina Express bukanlah tempat wisata di Swiss, tetapi kereta yang wajib kamu naiki saat liburan di Swiss. Bernina Express melewati jalur naik dan turun Pegunungan Alpen dari Tirano (Italia) dan berakhir di Chur (Swiss) atau sebaliknya dengan waktu tempuh 4 jam.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  15 Rekomendasi Tempat Belanja Murah di Jepang, Bisa Borong Banyak!

Hal yang membedakan Bernina Express dari kereta regional biasa adalah jendelanya yang besar serta kinclong. Dijamin kamu bisa melihat pemandangan alam Swiss sampai puas.

Satu lagi yang istimewa dari naik Bernina Express di Swiss adalah kamu akan melintasi jalur Landwasser Viaduct, yaitu jembatan kereta api single track super tinggi yang merupakan Warisan Dunia UNESCO.

17. Air Terjun Staubbach, Lauterbrunnen

Air Terjun Staubbach - Liburan Swiss
Air Terjun Staubbach Lauterbrunnen

Ingin mengunjungi wisata di Swiss seindah negeri dongeng? Kunjungilah Air Terjun Staubbach atau Staubbach Falls yang berada di Lauterbrunnen. Air terjun di Swiss dengan pemandangan menakjubkan ini memiliki ketinggian 297 meter.

Di lembah jatuhnya air terjun, terdapat banyak rumah warga yang membuatnya pemandangan semakin ciamik. Salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi saat liburan di Swiss bersama keluarga.

18. Bahnhofstrasse

Bahnhofstrasse, Zurich
Bahnhofstrasse, Zurich

Mau belanja di Swiss? Kunjungilah Bahnhofstrasse, salah satu jalan utama di kota Zurich yang terdapat pusat perbelanjaan barang branded dan mewah di dunia. Di sini terdapat banyak pertokoan, kafe, butik, restoran, hingga hotel.

Kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan serta warga lokal. Pepohonan di pinggir jalan membuat kawasan ini semakin indah dan nyaman dijelajahi.

19. Furka Pass

Furka Pass - Tour Swiss
Furka Pass

Ingin mencoba berkendara di Swiss? Furka Pass adalah jalur pegunungan yang akan menghadirkan pengalaman istimewa dan tak terlupakan untukmu.

Jalur ini terkenal karena menjadi tempat syuting film James Bond Goldfinger di tahun 1964. Meski sudah lebih dari 50 tahun berlalu, tempat ini masih sama indahnya.

Di sini juga terdapat belokan ikonik di mana terdapat Hotel Belvedere. Kamu bisa berhenti di sini untuk menikmati pemandangan atau berjalan-jalan di gua es Rhone Glacier.

20. Valle Verzasca

Valle Verzasca - Tour Swiss
Valle Verzasca

Valle Verzasca merupakan lembah di mana terdapat sungai jernih berwarna kehijauan yang begitu dingin. Suara air mengalir di sekitar alam yang indah dan alami akan jadi tempat healing terbaik di Swiss.

Objek yang paling menarik perhatian di lembah ini tentunya adalah jembatan Ponte dei Salti yang melengkung di Lavertezzo. Selain cocok untuk bersantai menikmati keindahan alam, di sini kamu juga bisa hiking dan mountain biking.

21. Danau Oeschinen

Danau Oeschinen - Tour Swiss
Danau Oeschinen

Danau Oeschinen adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Oleh banyak orang, danau di Swiss ini dianggap sebagai danau terindah di Pegunungan Alpen. Permukaannya bagaikan cermin yang memantulkan refleksi gunung yang mengelilinginya.

Terletak di atas Kandersteg, Danau Oeschinen merupakan danau yang dialiri aliran glasial dari puncak tiga ribu meter Blüemlisalp, Oeschinenhorn, Fründenhorn, dan Doldenhorn.

Itulah 21 tempat wisata di Swiss yang wajib kamu kunjungi. Tertarik mengunjungi Swiss bersama keluarga atau pasangan tanpa harus repot? Ikut tour Swiss bareng AntaVaya saja. Hubungi WhatsApp 0817328838 untuk konsultasi atau memesan.

Paket Tour Swiss

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!