Smart Guide

Anti Repot, Ini 20 Tips Liburan Membawa Bayi dan Anak Naik Pesawat!6 min read

19 December 2019

author:

Anti Repot, Ini 20 Tips Liburan Membawa Bayi dan Anak Naik Pesawat!6 min read

Bawa bayi dan anak naik pesawat merupakan sebuah tantangan. Hal-hal tak terduga bisa saja terjadi. Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat liburan membawa anak atau bayi naik pesawat supaya situasi aman terkendali. Inilah 15 tips liburan naik pesawat bersama anak yang bisa kamu ikuti!

1. Sesuaikan Jadwal Terbang dengan Jam Tidur Anak

Tips Bawa Anak dan Bayi Naik Pesawat - Sumber Pixabay
Sumber: Pixabay

Tips pertama bawa anak naik pesawat untuk liburan adalah membeli tiket pesawat yang jadwalnya sesuai jam tidur mereka. Cara ini lumayan membantu agar saat terbang, anak bisa tidur dalam pesawat. Orangtua pun bisa duduk dengan tenang 🙂

2. Check-In Mandiri Secara Online di Rumah

Usahakan check-in mandiri dulu saat di rumah (online check-in) saat membawa anak atau bayi naik pesawat. Jadi ketika sampai di bandara, kamu tinggal drop off bagasi di konter check-in. Cek cara naik pesawat pertama kali di sini.

Tips ini sangat memudahkan orangtua yang membawa anak saat liburan dengan pesawat. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua maskapai membolehkan penumpang di bawah 2 tahun (bayi) melakukan check-in online. Cari tahu dulu aturan maskapai yang kamu naiki, ya.

3. Datang Lebih Cepat Saat Membawa Anak dan Bayi

Orangtua yang bawa anak naik pesawat wajib datang lebih awal dari jadwal keberangkatan. Setidaknya 2-3 jam lebih cepat untuk mengantisipasi situasi dan kondisi anak yang tidak terduga. Bakal repot kan kalau tiba-tiba anak ingin buang air besar.

Datang lebih awal juga bisa membuatmu tidak perlu lari tergesa-gesa sambil menyeret koper dan menggendong anak. Jadi, tubuh tidak akan terlalu lelah dan stres karena kejadian tak terduga.

4. Sewa Porter Saat Bawa Anak Naik Pesawat

Membawa Anak Liburan dengan Pesawat - Sumber Unsplash
Sumber: Pixabay

Memakai jasa porter adalah salah satu cara nyaman saat membawa anak liburan naik pesawat. Kamu tak perlu repot mengurusi barang bawaan, cukup fokus menjaga anak. Apalagi kalau anak kamu sudah bisa lari ke sana ke mari dan tidak mau diam. Anak kecil harus diawasi banget, kan?

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Penting! Inilah 20 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Liburan ke Eropa

Supaya tidak kecolongan, ketahui cara menghindari pencurian bagasi di sini.

5. Pasang Tanda Pengenal pada Anak

Demi menghindari kejadian buruk, tidak ada salahnya memasangkan tanda pengenal pada anak, seperti nama anak dan nomor telepon orangtua. Tanda pengenal tersebut bisa dipakaikan di tangan seperti gelang.

Jika anak tersesat atau hilang, petugas bandara bisa langsung menghubungi kamu dengan mudah. Tapi, jangan sampai ya kejadian ini menimpa kamu. Awasi terus anak selama perjalanan.

6. Pilih Tempat Duduk yang Nyaman

Saat check-in, pilihlah tempat duduk yang nyaman. Kemungkinan anak bosan dan rewel di perjalanan cukup besar, apalagi dalam penerbangan jarak jauh.

Pilihlah tempat duduk di pinggir jendela apabila anak senang melihat awan. Boleh juga duduk di pinggir supaya anak bebas bergerak atau jalan-jalan di lorong. Sesuaikan saja dengan kepribadian anak supaya suasana hatinya baik.

Jika kamu membawa bayi naik pesawat, mintalah kursi sekat dan siapkan tempat tidur bayi sebelum penerbangan. Bassinet dapat digunakan untuk anak hingga usia 18 bulan. Namun, paling cocok untuk bayi di bawah umur delapan bulan.

7. Bolehkah Membawa Susu/Makanan Bayi dalam Pesawat?

Aturan Membawa Susu dan Makanan Bayi dalam Pesawat - Sumber Unsplash
Sumber: Unsplah

Sebagian besar otoritas bandara (keamanan bandara, imigrasi, dll) membolehkan penumpang membawa susu formula jika bawa anak naik pesawar. Aturan jumlah susu bayi yang diperbolehkan tergantung maskapai yang dinaiki.

Biasanya yang diizinkan tidak lebih berat dari 100 ml. Penumpang juga harus menunjukkan susu formula tersebut kepada petugas keamanan selama pemeriksaan keamanan.

8. Bawa Kain Gendongan

Membawa gendongan adalah hal yang wjaib jika kamu mengajak bayi atau anak naik pesawat. Ketika anak rewel di dalam pesawat, kamu bisa menggendong dan menenangkannya. Percayalah, tidak mungkin kamu bisa selalu duduk selama perjalanan bersama bayi di pesawat.

9. Cari Tahu Aturan Bagasi Maskapai yang Kamu Naiki

Orangtua yang membawa anak atau bayi dalam pesawat wajib mengetahui jumlah bagasi yang diizinkan dalam maskapai penerbangan. Mencoba mengepak ulang bagasi saat di bandara tentu akan membuat perjalanan dipenuhi kepanikan. Kecuali, kamu tak keberatan harus membayar biaya kelebihan bagasi.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Bukan Hanya Phi Phi Islands, Ini 5 Tempat Wisata Phuket Thailand Paling Populer

10. Siapkan Satu Tas Berisi Barang Anak

Barang Keperluan Anak - Sumber Unsplash
Sumber: Unsplah

Membawa semua keperluan anak dalam satu tas akan sangat membantu. Meski hanya penerbangan pendek, orangtua wajib menyediakan amunisi penuh saat liburan membawa anak atau bayi naik pesawat.

11. Sedia Tisu Basah dan Tisu Kering

Membawa tisu basah dan tisu kering saat penting jika kamu mengajak anak liburan dengan pesawat.

12. Bawa Popok Lebih Banyak

Perubahan tekanan udara bisa mengakibatkan gangguan pada perut si kecil. Tips membawa anak terbang dengan pesawat adalah membawa popok lebih untuk berjaga-jaga. Cek benda yang dilarang dibawa ke pesawat di sini.

13. Beri Anak Makan di 2 Waktu Ini

Jam Makan Anak di Pesawat - Sumber Unsplash
Sumber: Unsplah

Beri makan si kecil saat sudah lepas landas dan mendarat untuk mencegah sakit telinga. Ajari anak untuk makan atau mengunyah camilan di dua waktu tersebut.

Bisa juga dengan memberikan ASI atau susu formula. Untuk anak berusia 3 tahun ke atas, kamu bisa memberikan permen atau sesuatu yang dapat mereka hisap.

Jika anak sudah cukup Besar, ajari mereka melakukan teknik ekualisasi (equalization technique) dengan cara menguap atau menelan air liur supaya telinga tidak berdengung.

14. Lindungi Telinga Anak Selama Penerbangan

Selain mengunyah makanan, kamu juga bisa meminimalisir rasa sakit pada telinga anak dengan headset atau ear plug. Sekarang, sudah banyak penutup telinga dengan model lucu sehingga anak senang memakainya.

15. Bawa Mainan Kesayangan Mereka

Bawa Mainan ke dalam Pesawat - Sumber Unsplash
Sumber: Unsplah

Bawa mainan, boneka kesayangan, buku gambar, buku cerita, buku stiker, atau apapun yang bisa membuat anak sibuk demi mengalihkan rasa bosannya.

Untuk anak yang sudah lebih besar, kamu bisa membiarkan mereka bermain game selama mereka suka. Risiko anak rewel atau menangis selama penerbangan pun bisa dihindari.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  10 Rekomendasi Wisata Hits di Pulau Jawa yang Bikin Jatuh Hati

16. Pesan Makanan di Pesawat

Tips mengajak anak dan bayi naik pesawat lainnya adalah memesan makanan sebelum naik pesawat. Pesan dengan catatan spesifik, seperti tidak pedas, tak boleh mengandung kacang atau susu, vegetarian, atau pantangan lainnya.

Jangan sampai anak tidak makan apa-apa selama penerbangan, bisa-bisa masuk angin dan rewel.

17. Anak Tak Suka Makanan di Pesawat? Bawa Camilan Sendiri!

Bawa beberapa makanan ringan yang tidak lengket dan disukai anak, bisa 3-4 jenis camilan. Pastikan semua camilan tersebut boleh dibawa dalam kabin. Hindari membawa minuman dalam kemasan karton karena bisa muncrat ke mana-mana dan tidak bisa ditutup lagi setelah dibuka.

Umumnya penerbangan domestik mengizinkan orangtua membawa buah-buahan. Sementara untuk penerbangan luar negeri, umumnya tak boleh membawa makanan dengan biji. Paling aman ya bawa camilan kering.

18. Bawa Tablet Berisi Video dan Film Kesayangan Anak

Mengajak Anak Liburan dengan Pesawat - Sumber Unsplah
Sumber: Unsplah

Jaga-jaga saja siapa tahu semua mainan tidak lagi menarik untuk hiburan anak. Apalagi kalau kamu menaiki low cost airlines yang tidak menyediakan TV.

19. Bawa Piyama dan Pakaian Nyaman untuk Anak

Jika kamu membawa anak kecil dalam penerbangan panjang, bawalah baju piyama yang nyaman untuk mereka. Pakaian yang nyaman bisa membuat mereka tidak terlalu gelisah selama dalam pesawat.

20. Orangtua Wajib Menggunakan Baju Seperti Ini

Apabila kamu masih menyusui anak, jangan sampai lupa memakai baju busui friendly. Kenakan juga pakaian yang nyaman supaya kamu tidak kerepotan selama penerbangan.

Itulah panduan dan tips bawa anak dan bayi naik pesawat yang wajib kamu ketahui. Semua tips di atas wajib dilakukan supaya anak nyaman selama penerbangan. Kalau mau lebih nyaman lagi, ikut paket tur AntaVaya yuk. Dijamin bebas repot!

Pesan Paket Tur

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!