Domestik Smart Recommendation

10 Destinasi Wisata Hutan Pinus Terdekat untuk Liburan Akhir Pekan7 min read

12 April 2021

author:

10 Destinasi Wisata Hutan Pinus Terdekat untuk Liburan Akhir Pekan7 min read

Sedang mencari alternatif wisata untuk liburan akhir pekan? Pas banget nih karena AntaVaya punya 10 rekomendasi wisata hutan pinus terdekat yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga.

Kita patut bersyukur karena Indonesia memiliki banyak wisata pohon pinus yang cantik dan instagramable. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa sekalian berburu foto di destinasi hutan pinus yang hits. Langsung saja yuk lihat rekomendasinya!

1. Hutan Pinus Asri, Wisata Pinus di Bantul

Tak salah jika kawasan Dlingo disebut sebagai surga untuk para pemburu foto. Di setiap sudut Dlingo banyak bertebaran wisata menarik yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Hutan Pinus Asri atau yang lebih dikenal sebagai Hutan Pinus Mangunan.

Tempat wisata hits di Yogyakarta ini menawarkan panorama alam yang mengagumkan dengan latar belakang hutan dan dataran rendah Imogiri. Cuaca yang sejuk serta hamparan cakrawala hutan pinus yang hijau juga akan memanjakan matamu.

Gardu pandang di sini memang tak dibuat secara artistik dengan bentuk macam-macam, namun konstruksinya kuat karena menggunakan kayu. Sangat aman dan nyaman untuk pengunjung berfoto.

Waktu terbaik mengunjungi Hutan Pinus Mangunan adalah saat pagi hari karena pemandangannya jauh lebih indah. Kamu bisa berfoto di gardu pandang yang dihiasi dengan kabut sehingga menimbulkan ilusi seperti melayang di atas awan.

Cari tahu juga daftar oleh-oleh Yogyakarta yang wajib kamu beli untuk orang-orang di rumah.

Lokasi: Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 08.00–17.00 WIB

2. Top Selfie Pinusan Kragilan di Lereng Merbabu

Menyemat embel-embel “Top Selfie”, destinasi wisata pinus ini pastinya memiliki pemandangan yang menakjubkan. Hutan Pinus Kragilan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas foto para wisatawan.

Ada ayunan (mountain swing), hammock, hingga gardu pandang yang tinggi. Dijamin banyak foto instagramable yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke hutan pinus terdekat di area Magelang ini.

Tempat wisata alam ini terletak di lereng bukit sehingga tidak terlihat dari pinggir jalan raya. Jika membawa kendaraan, pastikan kondisinya prima ya karena jalannya cukup banyak tikungan dan tanjakan.

Waktu terbaik mengunjungi Top Selfie Pinusan Kragilan tentunya saat pagi hari karena udaranya masih sejuk dan segar. Salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise!

Lokasi: Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah 56193
Jam Buka: 07.00–17.00 WIB

3. Hutan Pinus Kalilo, Wisata Instagramable di Purworejo

Hutan Pinus Kalilo mulai dibuka untuk umum pada awal 2017 lalu. Sebenarnya hutan yang biasa dimanfaatkan getahnya ini milik Perhutani. Namun dengan adanya inisiatif dari Karang Taruna setempat, destinasi hutan pinus ini pun berkembang menjadi objek wisata menarik.

Hutan Pinus Kalilo menawarkan panorama hutan pinus yang memikat sekaligus udara yang sejuk. Hati-hati jika ingin berfoto di pinggir jurang, ya. Lebih baik berfoto di tempat yang telah disediakan, seperti rumah pohon dan gardu pandang.

Dari ketinggian, kamu bisa melihat hamparan perbukitan hijau yang menenangkan.

Lokasi: Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54175
Jam Buka: 08.00–17.00 WIB

4. Hutan Pinus Limpakuwus yang Masih Alami

Destinasi Hutan Pinus Limpakuwus terbilang masih alami dan minim sentuhan manusia. Dulu, di sini hanya ada beberapa kursi dari kayu ditemani jejeran pinus yang teduh dan menjulang tinggi.

Tapi sekarang, wisata alam di Banyumas ini mulai ramai dikunjungi pengunjung sehingga mulai dilengkapi berbagai fasilitas, seperti trampolin dan spider web.

Destinasi wisata pohon pinus terdekat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman untuk menenangkan diri di tengah-tengah alam yang asri. Di sekitarnya juga dihiasi hamparan bunga matahari kecil yang akan menambah keanggunan hasil fotomu.

Lokasi Hutan Pinus Limpakuwus berdekatan dengan peternakan sapi. Jadi, kamu bisa melihat pemandangan menakjubkan di mana ada hamparan padang rumput, sapi yang digembalakan dengan bebas, serta deretan pohon pinus yang sejuk.

Lokasi: Jalan Raya Baturraden Timur Km 3,6, Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah 53183
Jam Buka: 07.00–15.30 WIB

5. Hutan Pinus Gunung Pancar, Lokasi Piknik di Bogor

Destinasi wisata di Bogor ini merupakan surga bagi para pemburu foto. Lokasinya tak jauh dari Jakarta, namun pemandangannya sangat cantik sehingga bisa membuat pikiranmu lebih fresh. Tak heran jika banyak pasangan melakukan sesi foto pre-wedding di sini.

Sebaiknya jangan pergi ke Gunung Pancar sendirian, ajaklah pasangan, teman, atau keluarga untuk berlibur dan piknik bersama. Selain berfoto, kamu juga bisa bermain sepeda, berkemah, atau berendam di pemandian air panas.

Jangan khawatir kelaparan, ada banyak warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman hangat di sini.

Lokasi: Gunung Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Jam Buka: 24 jam

6. Hutan Pinus Semeru, Destinasi di Malang yang Kekinian

Tak berlebihan jika Kabupaten Malang memiliki tagline wisata The Heart of East Java. Soalnya, banyak tempat wisata keluarga yang menawan hati di Malang, salah satunya adalah Hutan Pinus Semeru (HPS).

Pepohonan pinus hijau dan udara segar akan menyambutmu saat datang ke sini. Tidak heran, karena lokasi HPS berada di lereng Gunung Semeru.

Destinasi wisata alam di Malang ini dihiasi banyak payung warna-warni dan hammock yang digantung di antara pohon pinus. Kamu juga bisa berfoto di rumah pohon setinggi 2 meter yang disewakan.

Jalanan menuju ke sini masih berupa tanah. Jadi, perlu ekstra waspada jika mengunjunginya di musim hujan karena jalan menjadi becek. Sementara saat musim kemarau, medan jalannya lebih berdebu.

Lokasi: Area Sawah/Kebun, Sumberputih, Wajak, Malang, Jawa Timur 65173
Jam Buka: 24 jam

7. Hutan Pinus Pengger, Wisata Hits di Bantul

Tidak hanya menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus udara yang segar, kamu bisa mendapatkan foto keren di Hutan Pinus Pengger. Soalnya, ada jasa fotografer yang bisa kamu sewa untuk menghasilkan gambar yang menakjubkan!

Destinasi ini juga merupakan salah satu lokasi wisata hits di Pulau Jawa yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Di malam hari, kamu bisa melihat hamparan lampu Kota Yogyakarta yang berkerlap-kerlip bagaikan bintang dari atas. Kamu juga bisa berkemah di sini. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap, seperti musala, toilet, tempat makan, gazebo, dan tempat parkir.

Lokasi: Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam Buka: 08.00–17.00

8. Hutan Pinus Rahong Pangalengan untuk si Petualang

Selain memiliki pemandangan yang keren, Hutan Pinus Rahong di Pangalengan, Bandung dilengkapi berbagai fasilitas wisata yang memadai. Kamu bisa arung jeram, berkemah, flying fox, paintball, sampai off road riding di tengah hutan yang asri. Asik banget, kan?

Setelah lelah menikmati aktivitas ekstrem, kamu bisa jalan-jalan santai di perkebunan teh yang dekat dengan objek wisata pinus ini. Cocok banget untuk tempat liburan komunitas, kegiatan kantor, maupun keluarga.

Lokasi: Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378
Jam Buka: 06.30–18.00

9. Hutan Pinus Bissoloro, Camping Hingga Nonton Konser

Siapa bilang wisata pinus hanya ada di Jawa? Di Gowa, Sulawesi Selatan juga ada Hutan Pinus Bissoloro yang punya banyak pesona.

Suasananya yang sejuk membuat banyak pengunjung senang berkemah di sini. Ada juga yang sekadar menikmati ketenangan sambil memasang hammock. Destinasi ini juga sering dijadikan tempat untuk pre-wedding sampai lokasi konser musik tahunan, lho!

Datanglah pada pagi atau saat senja untuk mendapatkan hasil foto yang menakjubkan.

Lokasi: Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Jam Buka: 24 jam

10. Hutan Pinus Nongko Ijo, Wisata Alam di Jatim

Jalan menuju lokasi wisata pinus di Jawa Timur ini sudah mulus dan lebar sehingga mudah dilalui. Sepanjang perjalanan, kamu tidak akan merasa bosan karena akan disuguhkan pemandangan persawahan berundak dan hutan jati yang indah.

Fasilitas yang disediakan di Hutan Pinus Nongko Ijo juga cukup lengkap. Tempat wisata milik perhutani ini berada di bawah kaki gunung Wilis. Kebayang kan bagaimana segarnya udara dan indahnya pemandangan yang bisa kamu dapatkan di sini?

Pohon-pohon pinusnya juga tinggi dan rindang karena sudah ditanam sejak tahun 1981. Wow!

Ajaklah keluarga atau sahabat untuk berburu foto instagramable di sini. Jalan-jalan sendirian untuk melepas penat juga asik, kok!

Lokasi: Kare, Madiun, Jawa Timur 63182
Jam Buka: 07.00–17.00

Itulah 10 destinasi hutan pinus terdekat yang harus kamu kunjungi. Jadilah wisatawan yang disiplin dan bertanggung jawab ke mana pun kamu pergi. Jangan buang sampah sembarangan apalagi merusak lingkungan, ya!

Paket Tour Domestik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!