Smart Guide

Jangan Khawatir, Ini 13 Tips Aman Menginap di Hotel Saat New Normal5 min read

11 August 2020

author:

Jangan Khawatir, Ini 13 Tips Aman Menginap di Hotel Saat New Normal5 min read

Staycation atau menginap bisa jadi pilihan terbaik untuk melepas penat di era new normal. Tenang, staycation aman kok, apalagi jika kamu menerapkan 12 tips menginap di new normal berikut ini.

1. Selalu Gunakan Masker Agar Staycation Aman

Tips Aman Menginap di Hotel Saat New Normal - Sumber Pexels
Tips Aman Menginap di Hotel Saat New Normal – Sumber: Pexels

Staycation di hotel bisa jadi cara liburan terbaik di era new normal. Tapi jangan lengah, selalu gunakan masker saat staycation supaya semuanya tetap aman.

Tips menginap di new normal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kita semua. Jangan ragu juga untuk mengingatkan staf hotel atau tamu lain yang tidak mengenakan masker.

Supaya liburan bisa jalan terus, pastikan kamu juga memiliki asuransi. Baca pentingnya asuransi traveling di sini.

2. Jaga Jarak Aman Selama Menginap di Hotel atau Vila

Supaya staycation tetap aman, kamu harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di new normal. Jagalah jarak satu hingga dua meter dengan orang lain, terutama saat kamu berada di luar kamar.

3. Selalu Bawa dan Gunakan Hand Sanitizer

Menggunakan masker dan menjaga jarak tidak akan lengkap jika kamu tidak menjaga kebersihan diri. Meskipun hotel atau penginapan pasti menyediakan hand sanitizer gratis, kamu tetap wajib membawa hand sanitizer sendiri untuk jaga-jaga.

Selalu gunakan hand sanitizer sehabis memegang barang di area publik, terutama saat kamu antre check-in atau naik lift.

4. Cuci Tangan dengan Baik dan Benar

Tips Aman Menginap di Hotel Saat New Normal - Sumber Pexels
Tips Aman Menginap di Hotel Saat New Normal – Sumber: Pexels

Menjaga kebersihan diri sangat penting selama menginap di era new normal. Pastikan kamu selalu mencuci tangan dengan benar, terutama sebelum menyentuh wajah dan barang pribadimu.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Tidak Boleh Dilakukan! Ini 20 Larangan di Jepang yang Wajib Kamu Tahu

Ingat, cuci tangan dengan sabun jauh lebih ampuh membasmi kuman dibandingkan menggunakan hand sanitizer. Gunakan hand sanitizer hanya sebagai alternatif saat kamu tidak bisa mencuci tangan.

5. Mandi dan Ganti Baju Saat Masuk Kamar

Pihak hotel atau tempat kamu menginap pasti sudah melakukan usaha yang terbaik untuk menjaga kebersihan lingkungan. Akan tetapi, kamu tetap wajib membersihkan diri sehabis beraktivitas di luar kamar.

Mandilah secara rutin dan langsung ganti pakaianmu. Tips menginap di new normal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan diri.

Baca juga berbagai aktivitas seru yang wajib kamu coba selama menginap di hotel atau vila.

6. Jaga Kebersihan Lingkungan

Sudah menjaga kebersihan diri, kamu juga harus menjaga kebersihan lingkungan tempat menginap. Jangan selalu mengandalkan petugas hotel, kamu juga harus berkontribusi untuk menjaga kebersihan.

Mulailah dari hal yang paling simpel, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Bersihkan juga kamar hotel dan kamar mandi supaya lingkungan tetap higienis. Kamu bisa membersihkannya dengan desinfektan atau cairan pembersih.

7. Gunakan Alat untuk Membuka Pintu dan Elevator

Tips Aman Menginap di Hotel Saat New Normal - Sumber Pexels
Tips Aman Menginap di Hotel Saat New Normal – Sumber: Pexels

Pandemi COVID-19 tentu membuat kita takut dan merasa kotor saat memegang benda di area publik, seperti gagang pintu maupun tombol lift. Untungnya, kini ada alat semacam gagang untuk membuka pintu dan memencet tombol lift tanpa langsung menyentuh kulit kita.

8. Gunakan Siku untuk Membuka Pintu

Jika kamu tidak memiliki alat atau gagang pembuka pintu dan lift, usahakan gunakan siku untuk membukanya. Jangan langsung gunakan tangan ya, Fellas. Tips menginap di new normal ini penting untuk meminimalisir kontak tidak langsung dengan orang lain.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Cara Membuat E-Paspor Terbaru: Keuntungan, Syarat, dan Biaya

9. Hindari Kerumunan Supaya Menginap Tetap Aman

Menginap bersama keluarga dan teman-teman tentunya menyenangkan. Akan tetapi, sebisa mungkin hindari berkumpul dan berkerumun dengan banyak orang.

Tips menginap aman di era new normal adalah menjaga jarak dengan orang lain. Pastikan kamu menginap hanya dengan beberapa orang saja, jangan berkumpul dengan banyak orang dalam satu ruangan atau vila.

10. Boleh Berenang di Hotel, Asalkan….

Tips Berenang Aman Ketika Menginap di Era New Normal - Sumber Pexels
Tips Berenang Aman Ketika Menginap di Era New Normal – Sumber: Pexels

Sebelum memesan hotel atau vila, biasanya kita akan melihat fasilitas apa saja yang dimiliki oleh penginapan tersebut. Salah satu fasilitas yang paling banyak dicari adalah kolam renang.

Nah yang jadi masalah, apakah aman berenang saat pandemi Corona? Dilansir dari situs U.S. Masters Swimming, Roberta Lavin sebagai profesor kedokteran di College of Nursing, University of Tennessee menjelaskan bahwa para ahli masih menyelidiki cara penularan virus.

COVID-19 memang bisa menular lewat droplet, tapi belum ada bukti bahwa virus bisa bertahan hidup di air. Konsentrasi klorin di kolam renang pun cukup kuat untuk membunuh virus.

Yang harus diwaspadai adalah saat kita bersinggungan dengan orang banyak saat berenang. Belum lagi saat kita menyentuh banyak hal saat berenang di kolam umum.

Jika terpaksa, kamu bisa mencari kolam renang yang tidak terlalu ramai dan jaga jarak setidaknya dua meter. Usahakan untuk mandi sebelum masuk kolam renang dan bawa handuk sendiri. Hindari juga fasilitas umum di kolam renang, seperti loker dan kamar mandi umum.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Kapan Musim dan Waktu Terbaik Mengunjungi Korea? Intip Jawabannya Yuk!

11. Gunakan Room Sevice dan Bawa Alat Makan Sendiri

Hindari makan dan memesan makanan saat berada di restoran hotel. Usahakan untuk memesan melalui room service dan memakannya di dalam kamar.

Kalau bisa, bawa juga alat makan sendiri supaya kebersihannya lebih terjaga.

12. Ganti Sprei, Selimut, dan Handuk Secara Rutin

Tips aman menginap lebih dari satu hari saat new normal adalah dengan rutin mengganti sprei, selimut, handuk, dan sarung bantal. Minimal dua hari sekali, supaya semuanya tetap bersih.

13. Patuhi Protokol Kesehatan dari Pihak Hotel atau Vila

Patuhi Protokol Kesehatan Supaya Aman Menginap di Era New Normal - Sumber Pexels
Patuhi Protokol Kesehatan Supaya Aman Menginap di Era New Normal – Sumber: Pexels

Pihak hotel dan penginapan pasti akan menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan selama masa new normal. Contohnya seperti pemeriksaan suhu saat tiba di area hotel hingga mencatat riwayat perjalananmu.

Demi kenyamanan dan kesehatan bersama, patuhi semua prosedur tersebut ya AntaVaya Fellas. Jika tempat kamu menginap membutuhkan rapid test, patuhi aturan tersebut. Cari tahu perbedaan rapid test dan swab test di sini.

Tips menginap di new normal di atas pasti akan sangat berguna untuk menjaga kenyamanan, kebersihan, dan kesehatan bersama. Untuk itu, patuhi semua prosedur dan protokol yang berlaku di masing-masing penginapan ya.

Jika mau lebih nyaman lagi, nikmati promo hotel di AntaVaya yuk! Dijamin lebih hemat, aman, dan menyenangkan tentunya!

Promo Hotel AntaVaya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!