Internasional Smart Recommendation

Hemat! Ini 18 Tempat Wisata di Singapura Paling Menarik dan Murah Meriah12 min read

26 April 2022

author:

Hemat! Ini 18 Tempat Wisata di Singapura Paling Menarik dan Murah Meriah12 min read

Tempat wisata Singapura telah lama menjadi favorit wisatawan Indonesia. Selain karena jaraknya dekat, biaya liburan ke Singapura juga tergolong hemat. Bahkan lebih murah dibandingkan liburan di dalam negeri, lho.

Jalan-jalan di Singapura juga mudah karena sistem transportasi umumnya sangat baik. Langsung saja yuk intip 18 rekomendasi wisata Singapura paling menarik, unik, murah, dan populer versi AntaVaya. Dijamin instagramable!

1. Merlion Park

Merlion Park, Singapore
Merlion Park, Singapore

Merlion Park adalah tempat wisata gratis Singapura yang bisa dikunjungi siapa saja. Di sini terdapat patung ikonik Singapura yang paling populer, apalagi kalau bukan Patung Merlion. Patung ini memiliki bentuk ikan duyung dengan kepala singa. Enggak afdol deh wisata ke Singapura kalau enggak foto di sini.

Kalau kamu mau berfoto di Merlion Park versi terang, datanglah di jam 8.00 atau 17.30. Sebaiknya hindari datang saat siang karena matahari sangat terik dan bisa bikin sakit kepala.

Jika ingin foto versi malam, datanglah jam 19.30. Kamu juga bisa datang jam 18.30 untuk mendapatkan dua hasil foto saat terang dan gelap.

Saat malam, pemandangan tempat wisata di Singapura ini jauh lebih indah karena dihiasi banyak lampu. Kamu bisa melihat cahaya lampu laser dari Marina Bay Sands sekaligus lampu kota yang romantis. Selain itu, udaranya juga tidak panas.

2. Marina Bay Sands

Marina Bay Sands, Singapore
Marina Bay Sands, Singapore

Mau mengunjungi spot Instagramable Singapura lainnya? Datanglah ke Marina Bay Sands. Tempat wisata di Singapura ini terdiri dari tiga gedung yang dihubungkan dengan bangunan mirip kapal di atasnya sehingga membuat terlihat unik.

Yang menyatukan ketiga menara tersebut adalah Marina Bay Sands SkyPark yang memiliki panjang 340 m dengan kapasitas 3.900 orang dan kolam renang tanpa batas sepanjang 150 m di ketinggian 190 m di atas tanah.

Hotel berbintang 5 ini memiliki 2561 kamar setinggi 55 lantai. Biaya sewa kamar hotel menghadap kota sedikit lebih mahal dibandingkan yang menghadap laut. Selain hotel, di sini juga terdapat kasino, klub malam, mal, restoran, teater, ruang kesenian, serta taman yang cantik.

Untuk mendapatkan hasil foto terbaik di Marina Bay Sand SkyPark, datanglah pukul 18.30 (Singapura mulai gelap sekitar pukul 19.30). Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pemandangan saat terang dan saat gelap.

Tak menginap di sini juga tak mengapa, karena kamu tetap bisa berfoto dengan latar Marina Bay Sands. Kamu juga bisa melihat pertunjukan gratis bertajuk “Wonder Full—Light & Water Spectacular” yang menampilkan pertunjukan efek visual, laser, dan atraksi cahaya setiap pukul 20.00 dan 21.30.

Paket Tour Singapura

3. Orchard Road

Orchard Road, Singapore
Orchard Road, Singapore

Kamu suka belanja? Mampir ke Orchard Road, yuk. Tempat wisata populer dan gratis ini merupakan pusat perbelanjaan terkenal di Singapura. Tempat paling populer di Orchard Road adalah Lucky Plaza, area depan Takashimaya, serta mal ION Orchard.

Kamu juga bisa mencicipi makanan Asia paling populer khas Singapura yang enak di sini. Jangan lewatkan mencicipi es krim roti seharga 1 SGD di sini. Selain belanja dan wisata kuliner, jangan lupa siapkan kameramu karena Orchard Road ini instagramable banget, lho.

Sepanjang jalan banyak spot lucu dan menarik untuk latar fotomu. Datanglah sekitar pukul 10.00-20.00 saat toko dan restoran sedang buka supaya bisa sekalian belanja dan berburu kuliner di Singapura.

4. Esplanade

Esplanade, Singapore
Esplanade, Singapore

Esplanade adalah tempat wisata pusat seni dan pertunjukan di Singapura. Konser-konser kelas dunia sering diadakan di tempat wisata unik Singapura ini.

Bangunan ini sering dijuluki Gedung Duren atau Mata Lalat. Bentuknya memang unik dengan struktur lancip sehingga mirip durian dan jika dilihat dari jauh mirip mata lalat.

Selain teater dan gedung pertunjukan, di sini juga terdapat pertokoan, perpustakaan, serta area terbuka yang digunakan sebagai tempat pertunjukan gratis.

Pertunjukan gratis biasanya diadakan saat weekend pukul 8 malam. Liburan ke Singapura wajib berfoto di Gedung Esplanade. Dari Esplanade, kamu juga bisa mendapatkan foto dengan latar belakang Marina Bay Sands ditemani pemandangan gedung tinggi yang memanjakan mata.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  12 Destinasi Wisata Lombok Paling Populer di 2022, Dijamin Indah!

5. Gardens by the Bay

Gardens by the Bay
Gardens by the Bay

Tempat wisata populer di Singapura ini merupakan taman raksasa seluas 100 hektare yang berada di belakang Marina Bay Sands. Di sini terdapat beberapa pohon besar berkelap-kelip seperti di film Avatar.

Kamu bisa menonton Free Show Garden Rhapsody saat pohon-pohon tersebut berubah warna, rantingnya berkelap-kelip, dan warnanya menyesuaikan lagu. Di Gardens By the Bay juga terdapat berbagai koleksi tanaman langka dalam sebuah rumah kaca raksasa atau dome berbentuk seperti kerang.

Taman di Marina Bay terbagi menjadi tiga zona utama, yaitu Flower Dome (rumah kaca), Cloud Forest (rumah kaca), dan Supertree Grove (taman Avatar-outdoor area).

Dari sini, kamu bisa memandangi indahnya pemandangan kota, Marina Bay Sands, dan Singapore Flyer. Jangan lewatkan kesempatan untuk berburu foto di setiap sudut Gardens by the Bay, dijamin Instagram material banget!

6. Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore
Universal Studios Singapore

Belum lengkap liburan ke Singapura kalau tidak menyempatkan diri mengunjungi Universal Studios Singapore. Tempat wisata Singapura ini merupakan wahana bermain dengan tema film terkenal Hollywood. Di sini juga terdapat banyak restoran dan kios yang menjual berbagai suvenir unik khas Universal Studios.

Apa saja tips bermain di Universal Studios Singapore? Bawalah botol air minum untuk menghemat biaya wisata di Singapura. Jangan lupa bawa baju ganti karena banyak arena air yang akan membuatmu basah kuyup, seperti wahana Jurassic Park. Gunakanlah baju yang nyaman seperti kaos dan celana panjang. Jangan lupa gunakan sunblock dan kacamata hitam.

Di sini banyak sekali spot Instagramable yang keren. Jika tak sempat masuk, kamu bisa berfoto secara gratis di depan ikon Universal Studios Singapore berupa bola dunia berputar yang ada di pelataran pintu masuk.

7. Clarke Quay

Clarke Quay, Singapore
Clarke Quay, Singapore

Ada banyak destinasi wisata gratis murah meriah di Singapura yang bisa kamu kunjungi. Yuk jalan-jalan ke Clarke Quay, dermaga yang terletak di tepi Singapore River.

Wilayah ini penuh dengan bangunan-bangunan tua warna-warni berarsitektur China. Sungguh instagramable! Di sini banyak restoran, kafe, bahkan bar dan jazz club yang sangat cocok didatangi untuk menghabiskan waktu di malam hari.

Selain berburu foto, kamu juga bisa duduk-duduk santai di tepi sungai sambil menikmati pemandangan. Jangan lupa beli beberapa camilan untuk menemani aktivitasmu. Datanglah saat sore atau malam hari karena saat siang biasanya pertokoan masih tutup.

8. Madame Tussauds Singapore

Madame Tussauds Singapore
Madame Tussauds Singapore

Singapura termasuk kota terbaik di dunia untuk liburan karena banyak destinasi menarik di negara ini. Buat kamu yang mau foto dengan publik figur terkenal dunia, datang saja ke Madame Tussauds Singapore.

Kamu bisa berfoto sepuasnya bersama selebriti Hollywood, K-Pop, dan tokoh terkenal lainnya secara bebas. Meskipun dalam bentuk patung lilin, pengalaman berfoto dengan replika orang terkenal dijamin tetap seru. Patung lilin di museum ini tak hanya mirip secara visual, tapi juga bersuara seperti aslinya.

9. Little India Singapore

Little India Singapore
Little India Singapore

Spot instagramable di Singapura ini wajib dikunjungi jika kamu ingin mendapatkan hasil foto yang keren. Little India adalah perkampungan warga India di Singapura yang masih mempertahankan ciri khasnya.

Bangunan di sini memiliki corak dan warna yang terang. Kamu bisa menemukan pasar tradisional, penjual kacang puteh, karangan bunga melati, bahkan gang sempit yang umum ditemukan di India.

Arsitektur di kawasan Little India Singapore akan membuatmu merasakan pengalaman seperti liburan ke India lengkap dengan suasana hiruk-pikuknya. Selain hunting foto, kamu bisa melihat dan membeli hasil kerajinan tangan, kain, dupa, bahkan emas.

Kalau mau belanja, pastikan datang di pukul 09.00-23.00 saat toko sedang buka.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  21 Tempat Wisata di Swiss Terpopuler, Indahnya Bagai Negeri Dongeng

10. Chinatown Singapore

Chinatown Singapore
Chinatown Singapore

Singapura punya banyak tempat wisata yang instagramable, salah satunya Chinatown Singapore. Di sini, kamu bisa mendapatkan hasil foto bernuansa oriental yang khas karena rata-rata penduduknya adalah keturunan China.

Lokasi wisata Chinatown di Pagoda St, Singapura tediri dari lima distrik, yaitu Telok Ayer, Bukit Pasoh, Tanjong Pagar, Kreta Ayer, dan Ann Siang Hill.

Tak hanya berburu foto, kamu juga bisa membeli berbagai suvenir khas Negeri Tirai Bambu atau mencicipi wisata kuliner di sekitar Chinatown. Tempat wisata Singapura ini juga gratis, lho!

11. Singapore Flyer

Singapore Flyer
Singapore Flyer

Siapa sih yang tak kenal dengan ikon Singapura yang satu ini? Singapore Flyer adalah tempat wisata roda putar tertinggi ketiga di dunia setelah Ain Dubai di UEA dan High Roller di Nevada. Pemandangan dari atas tak perlu diragukan lagi, sangat instagramable dan romantis.

Tempat wisata di Singapura ini juga menawarkan akses privat untuk menikmati suasana makan malam romantis atau sekadar minum cocktail dan champagne di dalam kapsul Singapore Flyer. Akses VIP Ini bisa dinaiki berdua dengan pasangan.

Dari atas bianglala, kamu bisa melihat Marina Bay, Changi, pemandangan Singapura, bahkan Pulau Batam. Singapore Flyer memiliki 28 kapsul yang berdimensi 4 m x 7 m dan bisa mengangkut 28 orang di setiap kapsulnya.

Sekali putaran membutuhkan waktu selama 30 menit, cukup lama bukan? Bisa bergaya dan berfoto sebanyak mungkin, deh. Tak mau naik Singapore Flyer? Tak perlu khawatir, kamu tetap bisa mendapatkan hasil foto yang amazing dengan latar bianglala keren ini.

12. Art Science Museum Singapore

Art Science Museum Singapore
Art Science Museum Singapore

Art Science Museum Singapore ini unik banget, lho. Bentuk gedungnya dirancang seperti bunga teratai yang berfungsi sebagai penampung air hujan dan kemudian disaring menjadi air bersih. Museum di Singapura ini memiliki 21 galeri dari berbagai negara dan tiga ruang pameran tetap di lahan seluas 6.000 m.

Disini kamu akan dimanjakan dengan instalasi seni modern berupa proyektor dan instalasi lampu yang sangat keren jika difoto. Memori wajib penuh saat liburan di Singapura, karena banyak sekali spot Instagramable yang menarik.

Bagian paling favorit di museum ini adalah tema The Space. Pengunjung akan dibuat kagum dengan instalasi lampu kristal super banyak yang membuatmu seakan berada di dunia lain.

Lampu yang terdiri dari 170.000 lampu LED tersebut terlihat seperti bintang-bintang di angkasa. Super instagramable! Selain itu, masih banyak instalasi lampu keren lainnya, seperti Aquarium Projector, The Black Waves, Slice Fruit, dll.

13. Trick Eye Museum Singapore

Trick Eye Museum Singapore
Trick Eye Museum Singapore

Di Trick Eye Museum, sudah menjadi kewajiban untuk berfoto sepuasnya dan bergaya selucu-lucunya. Cocok banget untuk kamu yang narsis! Di sini, kamu bisa berfoto dengan background lukisan 3D yang bisa menipu mata.

Tidak perlu takut hasil fotomu jelek, karena Trick Eye sudah mengatur setiap gambar, lampu, serta tata letak supaya keren saat difoto. Bahkan, kamu akan diberitahu di mana seharusnya berdiri dan di mana sudut pengambilan foto terbaik.

Tempat wisata di Singapura ini sangat cocok dikunjungi bersama teman atau keluarga. Keluarkan ide gokilmu saat berfoto dan bersenang-senanglah dengan orang tercinta di sini.

14. Singapore Botanic Garden

Singapore Botanic Garden
Singapore Botanic Garden

Singapura tak melulu gedung dan beton saja, tapi juga memiliki kebun raya yang asri dan teduh. Bahkan Singapore Botanic Gardens telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, lho. Pssst, tempat wisata Singapura ini gratis lho.

Selain menjadi tempat favorit untuk santai, joging, dan piknik, lahan seluas 60 hektar ini juga digunakan sebagai pusat penelitian botani dan hortikultura terkemuka. Botanic Garden juga dikenal dengan sebutan Tongkat Ali of Singapore’s Botanic Gardens karena di sini ada pohon kecil bernama Tongkat Ali.

Sempatkan untuk berfoto di tengah-tengah 60.000 tanaman dan anggrek di The National Orchid Garden. Kemudian ajak adik atau anak-anak bermain di Jacob Ballas Children supaya mereka dapat bermain dan belajar mengenai kehidupan tanaman.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  10 Tempat Belanja Murah di Seoul yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Korea!

Taman ini sangat cocok digunakan sebagai tempat pre-wedding karena pemandangannya yang romantis dan indah. Botanical Garden juga punya tempat konser mini bernama Symphony Lake yang berada di tengah-tengah danau kecil. Kamu juga bisa mengunjungi beberapa restoran yang ada di taman ini.

Tips wisata di Singapore Botanic Garden adalah membawa botol minum sendiri, menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman, bawa payung, dan stroller untuk anak karena kamu akan berjalan cukup jauh. Sebaiknya datang pada pagi atau sore hari karena saat siang udara sangat terik.

15. Chinese and Japanese Gardens

Chinese and Japanese Gardens
Chinese and Japanese Gardens

Penat dengan suasana pusat kota Singapura? Kunjungilah Chinese and Japanese Gardens yang tenang di mana kamu bisa melihat dua pagoda kembar dan danau cantik.

Di sini kamu bisa berfoto di jembatan khas Chinese Bridge of Double Beauty dan berkunjung ke taman bergaya Jepang dan China. Tempat wisata murah meriah di Singapura ini terletak di atas dua buah pulau di danau Jurong yang indah.

Taman Jepang memiliki tema tradisional desain kebun Jepang dan banyak tanaman bonsai. Sementara itu, Taman Cina mewakili gaya taman kerajaan yang menggabungkan bangunan berwarna mencolok. Taman ini bisa dikunjungi bersama keluarga untuk piknik, joging, foto-foto, serta aktivitas lainnya.

16. St. Andrew’s Cathedral

St. Andrew’s Cathedral, Singapore
St. Andrew’s Cathedral, Singapore

Gereja cantik ini sangat menarik dikunjungi sebagai destinasi wisata religi di Singapura. St. Andrew’s Cathedral merupakan gereja pertama dan terbesar di Singapura yang dibuka sejak tanggal 1 Oktober 1861. Di tahun 1973, gereja ini dijadikan sebagai salah satu monumen nasional Singapura.

Pengunjung bisa memesan pemandu gratis, namun dengan pemberitahuan sebelumnya. Dengan nuansa putih bersih, kamu akan mendapatkan hasil foto yang cerah dan keren. Tak hanya berjalan-jalan di luar, kamu juga bisa masuk ke dalam, lho.

17. Sentosa Island

Sentosa Island, Singapore
Sentosa Island, Singapore

Singapura tak hanya terdiri dari satu pulau saja, tapi juga ada pulau lainnya, yaitu Sentosa Island. Kamu akan menemukan berbagai hiburan menarik seperti pantai, pusat perbelanjaan, kasino, lapangan golf, restoran, dan wisata kuliner.

Untuk menuju ke Sentosa Island, kamu bisa naik kereta gantung (Sentosa Skyride). Bisa sekalian menikmati pemandangan Singapura dari atas yang dijamin indah.

Banyak wisata gratis Singapura di Sentosa Island yang bisa kamu nikmati, seperti Siloso Beach, Crane Dance, Lake of Dream, Palawan Beach, dll. Ajaklah keluarga dan sahabat untuk menikmati suasana pantai yang cantik. Di Pulau Sentosa juga terdapat wisata favorit Singapura, yaitu Universal Studios.

Di Beach View Sentosa, ada pertunjukan efek spesial air mancur, sinar laser, dan kembang api spektakuler bertajuk Wings of Time.

18. Haji Lane

Haji Lane, Singapore
Haji Lane, Singapore

Banyak sekali wisatawan Indonesia yang update foto di Haji Lane saat wisata ke Singapura. Ya, jalan kecil ini memang lokasi wisata populer di Singapura. Lokasi Jalan Haji Lane tak jauh dari Masjid Sultan di daerah Bugis.

Suasana di sini selalu terkesan meriah karena banyak mural berwarna mencolok dengan gambar yang unik. Setiap bangunan di Haji Lane dicat warna-warni sehingga sangat keren untuk difoto.

Di sini juga banyak kafe, restoran kecil, butik, dan bar yang bisa kamu datangi untuk nongkrong. Jika ingin berfoto dengan bebas, datanglah saat pagi. Namun jika kamu ingin sekalian nongkrong di kawasan ini, datanglah sore hari menjelang malam saat kafe mulai buka.

Promo Tour Singapura

Itulah 18 tempat wisata di Singapura paling populer untuk liburan murah meriah. Yuk share dan subscribe AntaVaya Blog untuk mendapatkan update soal traveling. Jangan lupa pesan tour ke Singapura hanya di AntaVaya, ya!

One Comment
  1. plan

    tempat wisata yang bagus2, thanks your information

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!