Internasional Smart Recommendation

Unik, Inilah 15 Destinasi Wisata Ramadan dan Lebaran Terbaik di Luar Negeri7 min read

20 April 2022

author:

Unik, Inilah 15 Destinasi Wisata Ramadan dan Lebaran Terbaik di Luar Negeri7 min read

Ada banyak tradisi dan hal-hal istimewa yang terjadi saat Ramadan. Setiap daerah dan negara pun pasti punya kebiasaannya masing-masing. Keunikan ini juga yang membuat banyak traveler pergi liburan mengunjungi destinasi wisata Ramadan di luar negeri untuk merasakan pengalaman puasa atau lebaran yang berbeda.

Buat kamu yang masih bingung mau liburan ke mana, berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata Ramadan dan lebaran terbaik di luar negeri. Dijamin menyajikan pengalaman seru yang berbeda, apalagi jika liburan bersama keluarga dan orang tersayang.

1. Dubai

Destinasi Wisata Ramadan dan Lebaran Terbaik
Dubai

Dubai adalah salah satu destinasi wisata terbaik untuk libur Ramadan dan lebaran di luar negeri. Kota modern yang satu ini memiliki nuansa modern sekaligus religius yang pasti membuat liburan kamu bersama keluarga semakin seru.

Destinasi terbaik di Dubai pun sangat megah, contohnya Burj Khalifa, Palm Jumeirah, hingga Dubai Frame. Kota ini juga punya sisi tradisionalnya alias Old Dubai yang wajib kamu jelajahi.

Sambil ngabuburit, sempatkanlah mengunjungi Gold Souk dan Spice Market. Kamu juga bisa mencoba berbuka puasa di tengah gurun pasir sambil makan kuliner khas luqaimat, knafeh, burger unta, atau machebo. Seru banget!

Paket Tour Dubai

2. Turki

Destinasi Wisata Ramadan dan Lebaran Terbaik
Turki

Turki bisa jadi pilihan menarik untuk menghabiskan liburan Ramadan dan lebaran di luar negeri. Mayoritas penduduk Turki adalah Muslim, jadi kamu akan menemukan banyak tradisi Ramadan yang unik selama liburan di destinasi populer Turki.

Dapatkan pengalaman spiritual dengan mengunjungi masjid-masjid megah di Turki, seperti Hagia Sophia, Masjid Biru, dan Grand Mosque. Cicipi juga berbagai kuliner lezat saat berbuka, seperti kofte, baklava, dan lahmacun.

3. Yordania

Destinasi Wisata Ramadan dan Lebaran Terbaik
Yordania

Selesai ibadah umrah, umumnya wisatawan sekalian mengunjungi Yordania untuk berwisata. Negara ini merupakan salah satu pusat budaya di Timur Tengah.

Ada banyak destinasi menarik yang menunjukkan kekayaan budaya Romawi dan Bizantium di sini, contohnya Petra, Al-Khazneh, dan Jerash. Umat Muslim juga wajib mengunjungi Gua Ashabul Kahfi.

4. Maroko

Destinasi Wisata Ramadan dan Lebaran Terbaik
Maroko

Maroko juga salah satu destinasi liburan Ramadan dan lebaran terbaik di luar negeri. Negara ini tak hanya memiliki lanskap alam yang istimewa, tapi juga kebudayaan yang unik serta arsitektur kota yang memikat.

Marrakesh, Aït Benhaddou, Gurun Sahara, Koutoubia Mosque, dan Bahia Palace adalah destinasi wajibnya. Selama Ramadan, kamu bisa melihat banyak tradisi unik di Maroko, salah satunya tembakan meriam sebagai tanda berbuka puasa.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  28 Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand yang Wajib Dibeli

5. Mesir

Mesir
Mesir

Mesir punya banyak tradisi yang bisa kamu lihat selama bulan Ramadan. Selain makanan khas Ramadan, para Penabuh atau Mesharatis akan berkeliling membawa genderang kecil untuk membangunkan warga makan sahur.

Kamu juga dapat menikmati indahnya lampion atau lampu lentera yang menghiasi jalan serta rumah warga. Lentera Ramadan sendiri dianggap sebagai simbol utama di bulan suci.

Untuk rekomendasi wisata, tak perlu ditanya lagi karena Mesir punya banyak destinasi yang wajib dikunjungi. Contohnya Piramida Giza, Sphinx, Egypt Museum, dan Sungai Nil.

6. Malaysia

Malaysia
Malaysia

Saat Ramadan, wisatawan muslim biasanya akan mencari destinasi wisata keluarga terbaik yang memiliki banyak wisata makanan halal. Untuk itu, Malaysia adalah destinasi Ramadan yang tepat. Selama liburan puasa dan lebaran di Malaysia, akan ada banyak bazar makanan yang menggugah selera lho.

Ramadan di Malaysia diwarnai dengan banyaknya penjual makanan aneka rupa, mulai dari hidangan khas Asia hingga Timur Tengah. Saat Ramadan pun banyak hotel, restoran, dan tempat makan di Malaysia yang mengadakan tradisi bufet Ramadan. Kamu bisa makan sepuasnya!

Suasana di Malaysia juga sangat nyaman untuk berpuasa. FYI, warga Malaysia berpuasa 13 sampai 14 jam, sama seperti negara kita. Jangan lupa kunjungi berbagai tempat wisata keluarga terbaik di Malaysia untuk menyempurnakan liburanmu.

7. Singapura

Ramadan di Singapura
Singapura

Hampir sama seperti Malaysia, muslim Singapura akan berpuasa selama 12 hingga 13 jam. Selama bulan puasa, cuaca di Singapura akan cukup panas dan lembap. Jadi, hindari aktivitas liburan yang terlalu melelahkan supaya puasamu tak terganggu.

Bulan puasa di Singapura juga dipenuhi dengan festival makanan dan aneka produk yang buka hingga malam. Masjid-masjid di Singapura akan membagikan makanan kepada para wisatawan, baik muslim maupun non-muslim. Lumayan untuk menghemat uang makan sekaligus berkenalan dengan banyak orang baru.

Restoran di Singapura juga akan menyuguhkan menu spesial puasa berupa bufet yang menarik. Untuk yang tidak berpuasa, jangan khawatir. Tempat makan di Singapura tetap buka saat pagi dan siang hari selama bulan Ramadan.

Pesan Tour Singapura

8. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam
Brunei Darussalam

Ada banyak festival makanan yang menunggumu di Brunei Darussalam saat bulan puasa. Tradisi bazar makanan memang melekat di kalangan umat muslim karena momen berpuasa sangatlah spesial.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  12 Aktivitas Seru di Labuan Bajo yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan

Festival makanan di Brunei Darussalam buka hingga malam. Kamu bisa menikmati berbagai hidangan istimewa, mulai dari masakan lokal hingga makanan barat. Setiap masjid di Brunei juga akan membagikan makanan berbuka puasa untuk dikonsumsi bersama-sama. Siapa saja boleh datang untuk menikmatinya.

Waktu berpuasa di Brunei Darussalam berlangsung selama 13 jam. Berkunjunglah ke masjid Brunei Darussalam yang terkenal indah, seperti Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dan Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah.

9. Thailand

Thailand
Thailand

Siapa bilang tempat wisata keluarga terbaik saat Ramadan hanya ada di negara mayoritas muslim saja? Liburan Ramadan di Thailand juga ekstra seru, lho. Pattani dan Bangkok adalah destinasi Ramadan yang tepat untuk dikunjungi. Di sana banyak festival makanan spesial yang menyajikan makanan lokal yang lezat.

Makanan halal di Thailand biasanya berada di dekat masjid atau fasilitas ibadah lainnya. Saat pulang, jangan lupa beli oleh-oleh khas Bangkok untuk orang tercinta, ya!

Pesan Tour Thailand

10. Cape Town, Afrika Selatan

Cape Town
Cape Town

Ingin merasakan puasa yang tak terlalu lama? Ajaklah keluargamu untuk berlibur di Afrika Selatan, khususnya di Cape Town. Di sini, kamu hanya perlu berpuasa selama 11-12 jam saja.

Cape Town adalah pusat wisata religi di Afrika Selatan. Kota ini menyuguhkan pemandangan luar biasa keren dengan berbagai latar belakang sejarah yang menarik.

Selama Ramadan, cuaca di Afrika Selatan akan sedikit dingin, terutama saat malam hari. Di Cape Town, kamu akan banyak menemukan kuliner halal untuk berbuka puasa. Setiap mal juga memiliki tempat ibadah yang memadai. Nikmati hidangan gratis untuk berbuka selama berada di tempat wisata Ramadan dan lebaran terbaik ini.

11. Maldives

Maldives
Maldives

Maldives adalah kepulauan yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Suasana destinasi terbaik Ramadan ini sangat meriah dan ramai. Banyak parade budaya lokal yang bisa kamu nikmati selama bulan puasa. Pengalaman puasa di sini dijamin asyik, apalagi banyak pantai indah yang menarik hati.

Selama Ramadan, Maldives akan sering hujan dan berawan, meskipun saat siang hari bisa saja cerah. Waktu puasa di sini sekitar 12 hingga 13 jam. Wisatawan akan dilayani dengan baik selama Ramadan di Maldives. Hotel serta restoran akan menyajikan makanan spesial Ramadan dengan nuansa rumahan.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Itinerary Liburan ke Bangkok Thailand 4 Hari 3 Malam, Seru Banget!

12. Kazakhstan

Kazakhstan
Kazakhstan

Muslim di Kazakhstan akan berpuasa selama 17 jam di bulan suci Ramadan. Cuaza di destinasi wisata Ramadan ini akan cukup panas, jadi sediakan pakaian berbahan tipis namun menutupi kulit supaya tidak terkena sinar matahari langsung. Restoran yang menjual makanan halal semakin banyak selama bulan puasa.

Di sini, kamu bisa merasakan suasana puasa yang terbilang unik. Meski termasuk kota modern, Kazakhstan memiliki banyak bangunan tradisional dengan nuansa Islami. Harus ke sini kalau mau liburan bersama keluarga saat puasa dan lebaran.

13. Jepang

Jepang
Jepang

Terkenal dengan festival bunga sakura, Jepang juga bisa jadi destinasi wisata Ramadan bersama keluarga. Liburan saat Ramadan di Jepang akan dihiasi dengan festival makanan halal di pusat-pusat kota. Meski muslim merupakan kaum minoritas di Jepang, warga lokal sangat ramah lho terhadap muslim.

Liburan puasa di Jepang bisa jadi pengalaman yang menarik. Setiap masjid akan ramai dikunjungi oleh umat muslim. Kamu bisa menambah kenalan selama di sana. Mendengarkan kajian saat di Jepang juga bisa membuka wawasan baru untukmu.

14. Australia

Australia
Australia

Puasa di Australia cukup singkat, yakni sekitar 11 hingga 12 jam. Dengan cuaca sejuk dan cerah sepanjang bulan, kamu bisa merasakan suasana puasa yang menyenangkan di destinasi wisata Ramadan dan lebaran terbaik di luar negeri ini.

Sama seperti Jepang, warga Australia juga menghargai Ramadan. Tak heran jika banyak restoran halal Australia dan kafe yang bisa kamu temui. Beberapa festival makanan dan budaya akan digelar di Australia selama bulan Ramadan. Contohnya di Lakemba, Sidney, tempat muslim terbanyak di Australia.

Pesan Tour Australia

15. Riyadh, Arab Saudi

Riyadh
Riyadh

Riyadh atau Mekkah adalah tempat wisata keluarga terbaik untuk liburan Ramadan. Destinasi religi ini bisa kamu kunjungi sambil melakukan ibadah, misalnya mengambil paket umrah. Puasa di tanah suci tentu akan menghadirkan suasana yang tak terlupakan. Bersama keluarga, kamu bisa semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

Itulah destinasi Ramadan terbaik di luar negeri yang wajib kamu kunjungi. Yuk, liburan Ramadan dan lebaran bersama AntaVaya. Hubungi WhatsApp 0817328838 untuk memesan paket tour ke destinasi favoritmu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!